Efek Bau Kandang Ayam Kampung yang Harus Anda Hindari

Pertanianku — Permasalahan kandang bau memang cukup pelik untuk peternakan ayam kampung. Bau kandang ayam kampung dapat dihindari dengan beberapa cara, salah satunya dengan probiotik herbal. Bau kandang ayam kampung memang harus segera diatasi karena akan menimbulkan efek yang merugikan. Berikut ini beberapa efek yang dapat ditimbulkan.

bau kandang ayam
foto: pertanianku

Mengundang kehadiran lalat

Bau merupakan hal yang menarik bagi lalat. Bau kandang ayam yang disebabkan kotoran ayam akan mengundang kehadiran lalat untuk hinggap di area peternakan dan bertelur. Kotoran ayam yang tidak segera dibersihkan akan membuat lantai kandang becek dan berbau sehingga menyebabkan semakin banyak lalat yang hinggap.

Loading...

Kehadiran lalat akan membuat ayam peliharaan tidak nyaman. Selain ayam, para pekerja di kandang dan lingkungan pun akan terganggu. Kehadiran lalat juga akan mengundang berbagai macam penyakit yang membahayakan hewan bahkan manusia.

Memicu munculnya penyakit pada ayam

Kadar amonia yang tinggi ditimbulkan dari kotoran ayam yang bau dapat berpotesi menimbulkan penyakit pernapasan pada ayam Hal ini dikarenakan ayam terlalu sering menghirup amonia yang cukup tinggi. Selain itu, pertahanan tubuh dan kondisi fisik ayam akan menurun sehingga ayam jadi mudah sakit.

Meningkatkan FCR

Bau yang ditimbulkan dari kotoran ayam dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah kandungan nutrisi yang tidak sesuai dengan kebutuhan ayam. Pencernaan ayam yang mencerna kandungan nutrisi yang tidak sesuai akan berjalan tidak maksimal sehingga pada kotoran ayam masih terkandung beberapa nutrisi. Nutrisi tersebut menjadi tempat pertumbuhan bagi bakteri untuk berkembang biak.

Bakteri yang berkembang biak dapat menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan ayam hingga mengeluarkan kotoran ayam cair dan berbau.

Ketidaknyaman pekerja

Baca Juga:  Pahami Sistem Pencernaan Domba agar Pemberian Pakan Tepat

Kadar amonia yang cukup tinggi juga membuat pekerja menjadi tidak nyaman saat berada di dalam kandang. Bahkan, dapat menyerang pekerja yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Beban kerjan menjadi bertambah

Jika sumber bau pada kandang tidak ditangani dengan cepat, akan menyebabkan beban kerja menjadi bertambah. Pasalnya, pekerja akan terbebani untuk membersihkan kotoran yang bau. Sebaiknya atasi sumber bau, seperti kondisi kandang atau pakan yang digunakan agar dapat meminimalisir bau kandang.

Menghindari protes dari lingkungan sekitar

Bau yang tidak sedap tentunya akan mengganggu kehidupan lingkungan sekitar. Jika tidak segera diatasi, peternakan akan menuai protes dari warga sekitar.

Loading...
Loading...