Efek Menakjubkan Kandungan Jahe dalam Membunuh Kanker


Pertanianku — Kanker jadi penyakit serius dan ancaman bagi siapa saja. Kanker bisa menyerang tanpa kita sadari. Dan, bahayanya, kanker seringkali baru diketahui ketika sudah masuk stadium serius dan parah. Pengobatan kanker pun tak murah dan tak hanya bisa dilakukan sebulan atau dua bulan kemudian sembuh. Namun tahukah Anda, ada sesuatu yang terkandung dalam jahe mampu membunuh kanker.

membunuh kanker
Foto: Shutterstock

Ya, selain pengobatan secara medis, ada beberapa bahan alami yang ternyata kuat melawan berkembangnya sel kanker dan bahkan lebih mengejutkannya lagi bisa membunuh sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di Georgia State University menemukan bahwa beberapa tumbuhan alami bisa membantu melawan sel-sel kanker di dalam organ tertentu tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Salah satu tumbuhan tersebut adalah jahe. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa jahe mampu melawan sel kanker prostat. Dalam percobaannya, peneliti mempertemukan jahe dengan sel kanker secara in vitro (tes pada cawan) dan in vivo (pada organ hidup, dalam hal ini tubuh tikus).

Hasilnya, jahe bisa menghambat perkembangan sel kanker dan menekan pertumbuhan sel sehingga tidak bertambah parah. Tidak hanya menghentikan perkembangbiakan sel, tetapi jahe juga menimbulkan reaksi apoptosis, yaitu kematian pada sel kanker. Jahe seperti mengendalikan sel kanker untuk membunuh dirinya sendiri dan memperkecil ukuran sel kanker dalam prostat.

Kandungan dalam jahe yang disebut gingerols-lah yang punya andil besar dalam hal ini. Gingerols juga membantu meredakan pembengkakan atau inflamasi disebabkan oleh berbagai penyakit, tak terkecuali pada kanker. Para peneliti percaya bahwa menambahkan jahe ke dalam menu diet pasien kanker mampu mempercepat penyembuhan atau paling tidak menekan kanker.

Tak heran jika jahe dikenal sejak dulu sebagai tanaman obat, tidak hanya menyembuhkan penyakit ringan, jahe punya kemampuan ajaib melawan sel kanker. Penemuan ini tentu masih butuh dikembangkan. Namun, setidaknya sudah diketahui pasti bahwa jahe secara nyata punya  kemungkinan besar jadi obat kanker.

Baca Juga:  Tanaman Indah Kacapiring Sebagai Penyembuh Ajaib