Efek Negatif dari Tingkat Kepadatan Ayam Buras yang Tinggi

Pertanianku — Kandang yang digunakan untuk ternak ayam buras harus dapat membuat ayam merasa aman dan nyaman. Selain itu, kandang juga harus dapat memudahkan para pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan perihal kandang adalah tingkat kepadatan kandang.

tingkat kepadatan kandang
foto: pertanianku

Tingkat kepadatan kandang yang tinggi disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara jumlah ayam buras yang dipelihara dan ukuran kandang yang digunakan. Meskipun jumlah ayam yang dapat diternak lebih banyak, tingkat kepadatan tinggi tidak boleh sampai terjadi karena dapat menimbulkan berbagai efek negatif seperti berikut.

Suhu di dalam kandang meningkat

Kondisi kandang yang terlalu padat dapat meningkatkan akumulasi CO2 di dalam kandang dan menurunkan kadar oksigen. Semakin tinggi jumlah ayam di dalam kandang, semakin tinggi pula kebutuhan oksigen untuk menetralisir karbondioksida dan panas asal tubuh hewan. Apabila kebutuhan oksigen tak mencukupi, kemungkinan besar pertumbuhan ayam menjadi terhambat.

Menimbulkan kanibalisme pada ayam

Tingkat kepadatan kandang yang tinggi dapat menimbulkan kanibalisme pada ayam sehingga ayam saling menyerang. Luka bekas serangan sangat rentan infeksi atau diserang parasit. Oleh karena itu, ayam jadi lebih rentan terkena serangan. Apabila kondisi tersebut terus dibiarkan seperti itu, kemungkinan besar tingkat kematian di dalam kandang akan menjadi semakin tinggi.

Mengurangi kesempatan untuk makan

Kepadatan yang tinggi dapat membuat ternak kesulitan untuk mendapatkan pakan. Pasalnya, ayam-ayam ternak akan saling berebut pakan sehingga pasti ada beberapa ayam yang kalah dalam mendapatkan pakan. Bila kondisi ini terus berlangsung, ayam yang tidak mendapatkan pakan akan mengalami hambatan pertumbuhan, sedangkan ayam yang mendapatkan pakan dapat tumbuh dengan baik.

Kondisi tersebut membuat tingkat keseragaman menjadi rendah. Tingkat keseragaman yang buruk menimbulkan berbagai masalah, salah satunya kanibalisme.

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam yang Sedang Sakit

Tips membangun kandang untuk ayam buras

Kandang sebaiknya dibuat setinggi 2–3 m agar sirkulasi udara di dalam kandang berjalan dengan baik sehingga kondisi di dalam kandang terasa sejuk. Perhatikan juga bagian lebar kandang karena lebar kandang juga dapat memengaruhi sirkulasi udara. Lebar kandang yang ideal sekitar 6–8 m. Kandang yang terlalu lebar dapat menghambat peredaran udara karena udara berhenti di tengah.