Efek Samping Buah Naga Pada Kesehatan Tubuh


Pertanianku — Siapa yang tidak tahu buah naga, buah dengan sejuta manfaat ini digemari banyak orang terutama untuk program diet. Tapi siapa sangka, efek samping buah naga terhadap kesehatan tubuh juga cukup mengejutkan.

efek samping buah naga
Foto: Pixabay

Nah, seperti apa efek samping buah naga pada kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan berikut ini.

  1. Menyebabkan sakit perut

Konsumsi buah naga secara berlebihan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan sakit perut. Hal ini karena perut Anda akan terlalu banyak menerima asupan makanan sehingga terjadi ketidakseimbangan kerja usus. Oleh karena itu, selalu jaga asupan makanan Anda dan hindari konsumsi buah naga secara berlebihan.

  1. Menyebabkan kembung

Buah naga dapat menyebabkan perut menjadi kembung alias begah. Hal ini bisa terjadi pada Anda, terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan mineral yang ada di dalam buah naga memang sangat baik dan juga bermanfaat untuk kesehatan, namun apabila dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan mineral yang masuk ke dalam tubuh menjadi terlalu banyak. Hal itu tentunya akan menyebabkan perut Anda terasa kembung dan begah.

  1. Menyebabkan maag menjadi kambuh

Buah naga memiliki kandungan asam di dalamnya. Mengonsumsi buah naga secara berlebihan akan menyebabkan Anda terkena penyakit maag, apalagi jika Anda memang memiliki riwayat penyakit maag. Selain itu, karena tingginya kandungan asam pada buah naga, hal ini juga akan menyebabkan kadar asam lambung menjadi naik.

Sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi buah naga dalam jumlah yang berlebihan. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag, maka ada baiknya Anda makan berat terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah naga ini. Hal ini akan membantu mencegah meningkatnya risiko maag dan juga naiknya asam lambung.

  1. Menyebabkan diabetes
Baca Juga:  Dampak Baik Konsumsi Serangga untuk Kesehatan

Buah naga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, mengonsumsi buah naga secara berlebihan, apalagi tanpa memperhatikan kadar gula di dalam darah tentu saja akan sangat berbahaya. Terlebih, jika Anda mengonsumsi buah naga tersebut bersama dengan pemanis alias gula. Hal ini akan menyebabkan gula darah naik. Hal ini juga sangat berpotensi menyebabkan munculnya gangguan atau gejala penyaktit diabetes.

loading...
loading...