Efek Samping yang Ditimbulkan Buah Durian

Pertanianku — Memang tidak dimungkiri kelezatan durian sangat unik dan eksklusif. Tak heran, ada buah durian berharga mahal karena penggemarnya rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan durian berkualitas. Sayangnya buah durian memiliki efek samping. Efek samping buah durian dapat langsung terasa setelah Anda memakannya dalam jumlah yang berlebihan.

efek samping buah durian
foto: Pertanianku

Oleh sebab iti, Anda perlu hati-hati saat mengonsumsinya agar bisa menikmati kelezatan buah durian tanpa merasakan efek samping buah durian, Di dalam buah durian terkandung senyawa alkohol (ethanol, methanol, ethyl metacrylate), dan berbagai jenis senyawa sulfur.

Senyawa alkohol dapat meningkatkan tekanan di dalam darah sehingga berbahaya bagi pengidap hipertensi, jantung koroner, stroke, dan gangguan ginjal. Oleh karena itu, penderita penyakit-penyakit tersebut perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsinya untuk meminimalisir dampak buruk yang timbul.

Buah durian juga mengandung lemak dan glukosa yang relatif tinggi. Sebenarnya, lemak di dalam durian merupakan lemak tidak jenuh nonkolesterol. Kandungan glukosa pada buah yang sudah sangat matang akan berubah menjadi alkohol. Kadar alkohol dan glukosa yang cukup tinggi inilah yang akan menyebabkan kadar trigliserida meningkat di dalam darah. Itu sebabnya pengidap diabetes dan kencing manis juga perlu berhati-hati.

Kandungan kalori di dalam buah durian yang cukup tinggi dapat menghasilkan pembakaran yang berlebihan di dalam tubuh sehingga menimbulkan efek rasa panas di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi durian secara berlebihan, meskipun rasanya memang benar-benar sangat lezat.

Buah durian mengandung kalori sebanyak 120—180 kalori. Jika Anda mengonsumsi empat buah daging durian seberat 500 gram, itu artinya Anda sudah mengosumsi 600—900 kalori. Kelebihan kalori menyebabkan kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

Baca Juga:  Jenis-jenis Kopi Luwak yang Perlu Anda Ketahui

Tidak disarankan mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol tape dan kopi karena dapat memberikan dampak buruk pada tekanan darah. Sebaiknya, setelah makan durian, Anda minum air putih yang banyak untuk menetralisir dan meminimalisir dampak buruk buah yang super lezat ini.

 

 


loading...