Ekspor Daging Ayam Tembus Timor Leste

Pertanianku — Produksi daging ayam Indonesia kembali menorehkan keuntungan. Ekspor daging ayam asal Jawa Timur kali ini menembus pasar internasional, yakni ke Timor Leste. Sebanyak lebih dari 30 ton karkas ayam beku ini diekspor ke negara tetangga tersebut.

Ekspor daging ayam
Foto: freepik

Tidak main-main, nilai ekspor kali ini menyentuh angka Rp1,1 miliar. Ekspor daging ayam beku ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan dari Jawa Timur ke mancanegara. Hal ini tentu saja dapat menjadi batu loncatan bahwa ayam asal Sidoarjo, Jawa Timur, sudah dapat bersaing dengan ayam sejenis di pasar internasional, baik dari segi kualitas maupun kemampuan menangani pencegahan penyakit ternak.

Awalnya, ekspor daging ayam ini diawali dengan kunjungan delegasi pemerintahan Timor Leste. Mereka melakukan import risk analysis (IRA) ke beberapa pengusaha pakan dan peternakan di Jawa Timur pada Januari 2018 hingga April 2019. Perusahaan yang dikunjungi adalah farm Grati I di Pasuruan, Krian chicken slaughter house, processing plant di Sidoarjo, dan feed mill yang juga di Sidoarjo.


Loading...

Tak hanya dalam bentuk daging ayam, ekspor ke Timor Leste ini juga dilakukan dalam bentuk ekspor pakan ternak. Ekspor ini juga baru dilakukan untuk pertama kalinya untuk skala pengiriman ke luar negeri.

Pihak pelaksana eskpor, yaitu PT Ciomas Adisatwa, telah menerima penetapan sebagai Instalasi Karantina Hewan atau IKH. Dengan menggunakan IKH ini, produk yang diekspor akan diperiksa dan dikarantina di gudang pemilik. Jadi, proses ekspor pun dapat terjadi dengan lebih cepat. Selain itu, adanya IKH juga lebih menjamin produk akan diterima di negara tujuan.

PT Cipta Adisatwa sendiri merupakan anak perusahaan dari Japfa Group, perusahaan pengolah makanan siap saji berbasis daging. Sebelumnya, ekspor yang sudah dilakukan merupakan daging ayam produk PT Japfa Group dengan merek dagang ‘Best Chicken Ayam Utuh’. Produk yang diekspor ini dikemas dengan berat 800 gram dan 1.500 gram sebanyak 36,69 ton.

Baca Juga:  4 Jenis Vitamin yang Paling Dibutuhkan oleh Sapi

Data yang didapatkan dari BPS mencatat total ekspor ke Timor Leste, terutama bagi komoditas peternakan pada 2018 lalu, sebesar US$9.525.928,55. Untuk daging ayam sendiri, nilai ekspornya adalah US$6.183.000 atau setara dengan 4.537 ton daging ayam. Dengan demikian, peluang ekspor ke negara tersebut masih terbuka lebar untuk tahun ini.

Loading...
Loading...