Ekspor Udang Jerbung Kini Jadi Komoditas Andalan

Pertanianku — Merupakan jenis udang asli Indonesia, ekspor udang jerbung digadang-gadang akan meningkat tahun ini. Udang jerbung sendiri sudah lama dikenal sebagai komoditas ekspor yang tepat bagi perikanan Indonesia.

ekspor udang
Foto: freepik

Nama lain dari udang ini adalah udang merguensis. Pengembangannya cukup luas karena dapat dibudidayakan di banyak daerah perairan Indonesia. Udang jerbung ini juga dikenal dengan berbagai keunggulannya. Salah satunya adalah tidak rentan dan cukup tahan terkena penyakit. Dengan begitu, biaya produksi pun dapat ditekan.

Keunggulan lain dari udang jerbung adalah dapat dibesarkan pada kolam dengan kepadatan tinggi. Udang ini juga mampu tumbuh dengan cepat. Dibanding udang jenis lain seperti udang windu atau vaname, udang jerbung bisa bereproduksi lebih cepat.

Loading...

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun mendorong masyarakat untuk membudidayakan udang jenis ini. Salah satu upaya yang dilakukan KKP adalah dengan memberikan bantuan dan pendampingan ke pembudidaya. Langkah ini dilakukan dengan harapan para pembudidaya nantinya lebih memilih udang jerbung.

Salah satu daerah yang mulai menerapkan budidaya udang jerbung adalah Jepara. Di kabupaten ini, sudah dilakukan inisiasi program pemuliaan buatan atau seleksi breeding untuk penyediaan stok benih udang jerbung.

Tujuan program ini adalah memperoleh benih udang jerbung yang berkualitas. Benih udang pun tidak lagi bergantung pada penangkapan yang dilakukan di alam. Akibatnya, risiko penyakit pun dapat ditekan.

Induk unggul udang jerbung yang diperoleh mendapat status spesific pathogen free atau SPF. Selain itu, indukan ini juga mampu tumbuh dengan cepat dan lebih tahan terhadap berbagai perubahan lingkungan budidaya.

Udang jerbung memiliki kebutuhan pakan alami yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jenis budidaya yang paling sesuai bagi udang ini adalah sistem budidaya ekstensif. Dengan begitu, lahan tradisional dapat dimanfaatkan dengan baik. Di sisi lain, ekstensifikasi lahan juga dapat dilakukan.

Baca Juga:  Cara Memberikan Pakan Lele Berdasarkan Jenis Pakannya

Di pasar internasional, ekspor udang jerbung lebih dikenal dengan sebutan banana shrimp. Jenis udang lokal ini disukai konsumen, terutama dari Jepang, karena rasanya yang lezat dan nikmat. Selain itu, warna udang jerbung juga lebih merah dibanding udang-udang lainnya ketika sudah diolah.

Loading...
Loading...