Ekstrak Tomat Dapat Mencegah Kanker Lambung, Mitos atau Fakta?


Pertanianku – Tomat memang terkenal memiliki segudang manfaat sehat. Bahkan, tomat diklaim dapat mencegah risiko penyakit jantung dan ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, baru-baru ini tomat diketahui dapat mencegah penyakit kanker. Benarkah demikian?

Sebuah studi telah mempromosikan tomat untuk melawan penyakit yang lebih mematikan seperti kanker perut. Menurut penelitian, ekstrak tomat dapat menghambat pertumbuhan dan kloning sel kanker perut.

Hal ini membuka jalan bagi terapi baru untuk mengobati penyakit mematikan tersebut. Periset menganalisis keseluruhan ekstrak tomat karena kemampuan mereka untuk mengatasi sel kanker perut atau lambung.

“Efek antitumoral tomat tampaknya tidak terkait dengan komponen tertentu, seperti likopen, namun menyarankan agar tomat dipertimbangkan secara keseluruhan,” ungkap Daniela Barone, peneliti di Pusat Penelitian Onkologi Mercogliano (CROM) di Italia, sebagaimana dikutip Zeenews. Bahkan, Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Cellular Physiology.

“Spesies yang berbeda dapat memberikan efek yang berbeda, dalam tahap yang berbeda dari neoplasma tertentu,” ungkapnya.

Berbagai komponen tomat juga telah dianalisis karena kemampuannya untuk melawan pertumbuhan tumor dalam sistem eksperimental, walaupun beberapa penelitian telah menganalisis efek tomat secara keseluruhan.

Baca Juga:  Anda Hipertensi? Sembuhkan Saja dengan Konsumsi Cincau Hijau
loading...
loading...