Fakta Bawang Putih, Bawang Pencegah Kanker

Pertanianku — Bawang putih merupakan salah satu umbi bawang yang sering digunakan dalam berbagai resep makanan Nusantara, terutama makanan yang rasanya gurih. Fakta bawang putih sebagai umbi berkhasiat sudah menjadi rahasia umum. Memang, selain bisa menambah rasa dan aroma, bawang putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini beberapa fakta bawang putih yang harus Anda ketahui.

bawang putih
foto: pertanianku

Minyak bawang putih

Minyak bawang putih yang menguap berkhasiat sebagai antikanker. Larutan yang terbuat dari bawang putih bisa menghambat pertumbuhan sel kanker nasofaring, sarcoma 180, dan sel kanker Ehrlich ascetic pada mencit. Daillyl thiosulfinate mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di lambung.

Zat aktif allicin

Bawang putih mengandung zat aktif yang bernama allicin. Zat aktif ini terkenal mampu melindungi usus besar dari efek beracun zat kimia yang bisa menyebabkan kanker dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Mencegah senyawa karsinoegenik tumbuh

Bawang putih mengandung beberapa senyawa yang dapat mencegah nitrit berubah menjadi nitrosamine yang merupakan senyawa karsinogenik yang sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Nitrit tersebut didapatkan dari daging yang dipanggang, diasinkan, atau diasap seperti sosis, daging babi, dan ham.

Bisa digunakan untuk diet

Bawang putih sangat bagus dikonsumsi saat menjalani program diet karena bisa berperan sebagai pencegah dan pengobatan kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki senyawa allil sulfur yang bisa menghentikan kanker dengan beberapa cara, di antaranya mencegah sel berubah menjadi ganas, menghentikan pertumbuhan, dan mematikan sel ganas di dalam tubuh secara alami. Bawang putih juga bisa berfungsi untuk memperkuat sistem imun.

Mencegah peradangan

Bawang putih bisa digunakan untuk mencegah peradangan karena mengandung senyawa yang bisa menghambat kerja enzim penyebab peradangan, yaitu lipoxygenase dan cyclooxygenase.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Baca Juga:  Pentingnya Manfaat Mangrove untuk Kehidupan

Bebagai penelitian menunjukkan bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Konsumsi bawang putih mentah dalam jumlah banyak tidak baik untuk tubuh

Bukan berarti karena bawang putih sangat baik bagi tubuh Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah berlebih. Mengonsumsi bawang putih mentah yang terlalu banyak bisa menyebabkan rasa panas pada rongga mulut, iritasi saluran pencernaan, menimbulkan rasa nyeri dan begah, bersendawa, rasa mual dan muntah, panas di dada, pusing, serta kehilangan nafsu makan.

 

 

 

 

 


loading...