Fakta Daun Bayam, Berbahaya Bagi Penderita Rematik dan Asam Urat

Pertanianku — Bayam sangat mudah dijumpai di Indonesia, banyak menu makanan Nusantara yang menggunakan daun bayam. Bayam diketahui mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga sering dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun, tahukah Anda, ada beberapa fakta unik mengenai bayam yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satunya adalah berbahaya bagi penderita penyakit tertentu.

daun bayam
foto: Pertanianku

Berikut ini beberapa fakta unik mengenai daun bayam yang masih jarang diketahui.

Berbahaya bagi penderita asam urat dan rematik

Bayam yang kaya akan kandungan gizi ternyata bisa menimbulkan efek yang buruk bagi penderita rematik dan kadar asam urat darah. Bayam mengandung purin yang tinggi. Kandungan tersebut dapat memicu asam urat di dalam darah semakin tinggi. Oleh karena itu, biasanya penderita akan diberikan peringatan untuk menghindari sayuran ini.

Bisa menyebabkan batu ginjal

Bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium menjadi kalsium oksalat. Kalsium oksalat yang terlalu banyak mengendap di dalam ginjal dapat berubah menjadi batu ginjal.

Bayam merah

Warna merah pada daun bayam merah bukan sekadar zat pewarna yang dapat mempercantik penampilan. Warna merah tersebut merupakan pertanda dari kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan flavonoid dalam bayam merah dapat berkhasiat sebagai antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Pertolongan pertama untuk gigitan lipan dan tawon

Ketika Anda terkena gigitan lipan dan tawon, segera ambil daun dan tangkai bayam yang masih segar. Selanjutnya, giling hingga halus dan tempelkan di bagian bekas luka gigitan. Ramuan tersebut bisa meredakan efek gigitan dan menjadi pertolongan pertama.

Memperlancar sistem pencernaan

Di dalam bayam terkandung banyak serat yang sangat bagus untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat sangat dianjurkan untuk orang yang sehat ataupun penderita kanker usus, kencing manis, kolesterol, dan darah tinggi. Selain itu, bayam baik untuk orang-orang yang ingin mengurangi berat badan karena kaya serat. Mengonsumsi serat dapat membuat proses pembuangan kotoran berjalan lancar.

Baca Juga:  Resep Jus Buah Segar untuk Penderita Asam Urat

Kandungan proteinnya tinggi

Daun bayam mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bisa digunakan untuk memperkuat sistem imun dan berperan sebagai sumber energi. Oleh karena itu, bayam bagus dikonsumsi ketika pandemi seperti saat ini. Konsumsi secukupnya jangan sampai berlebihan.