Fakta Ilmiah Jambu Monyet

Pertanianku – Jambu monyet atau sebagian orang mengenalnya dengan nama jambu mete adalah buah yang berasal dari Brazil. Namun, saat ini jambu monyet telah menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Fakta Ilmiah Jambu Monyet

Pohon jambu monyet diperkirakan dapat tumbuh setinggi 12 meter. Pada pohonnya memiliki cabang yang banyak berwarna cokelat tua. Daun jambu monyet bertangkai pendek serta berbentuk lonjong seperti telur. Daun jambu monyet muda berwarna merah kecokelatan, ketika tua daun akan berwarna hijau tua dan cerah.

Loading...

Ciri buah jambu monyet adalah buahnya besar, memiliki daging yang lunak, berair, dan berwarna kuning kemerahan. Sekilas jika diperhatikan bentuk jambu monyet menyerupai buah pir.

Jambu monyet memiliki begitu banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Jambu ini mengandung tannin dan kadrol yang memiliki manfaat sebagai antibakteri. Jambu monyet juga memiliki manfaat yang luar biasa. Jika dikonsumsi secara rutin, jambu monyet dapat membantu mengurangi risiko penyakit diabetes, mengobati disentri, dan radang.

Tak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, biji jambu monyet dapat diolah menjadi camilan yang sangat lezat, yakni kacang mete. Pucuk daun jambu monyet dapat dikonsumsi sebagai lalapan, minyak yang terdapat pada bijinya dapat digunakan untuk melembutkan kulit, dan rebusan bunga jambu monyet jika diminum dapat mengobati batuk.

Sumber: Buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Cokelat dengan Bibit Setek
Loading...
Loading...