Fakta Ilmiah Kiwi

Pertanianku – Berikut adalah fakta ilmiah dari kiwi:

Fakta Ilmiah Kiwi

* Penelitian di Italia tengah dan utara pada anak-anak berusia 6—7 tahun yang diberikan kiwi atau jeruk lebih banyak dari anak-anak lainnya, terdapat penurunan gangguan pernapasan seperti wheezing, napas pendek, dan batuk malam hari.

* Dr. Marlyn Glenville, mantan Presiden Food and Health Forum mengatakan bahwa kulit kiwi yang berambut mengandung antioksidan yang tinggi. Kulit kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada dagingnya. Manfaat dari kandungan antioksidan yang tinggi, antara lain: antikanker, antiperadangan, antialergen, melawan bakteri Staphylococcus dan E. coli, yang membuat manusia keracunan makanan.

* Dalam pertemuan American Heart Association di Orlando, Amerika Serikat, dipublikasikan hasil penelitian tentang khasiat kiwi yang efektif menurunkan hipertensi.

* Penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen dari Universitas Rumah Sakit Oslo, Norwegia, menyebutkan konsumsi kiwi tiga kali dalam sehari cukup efektif menurunkan hipertensi. Penelitian tersebut dilakukan selama delapan minggu terhadap 118 orang berusia 55 tahun dan menderita hipertensi sedang. Para responden dibagi ke dalam dua kelompok, pertama adalah yang mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari dan sisanya mengonsumsi makanan yang mengandung apel satu kali dalam sehari. Setelah 8 minggu, para peneliti menemukan nilai tekanan sistolik (angka tekanan darah sebelah atas) para partisipan lebih rendah 3,6 mm dibanding dengan partisipan yang mengonsumsi apel. Walau kelompok yang memakan kiwi memiliki tekanan darah lebih rendah, namun para peneliti belum mengetahui apakah penyebab utamanya. Hal ini baru bisa dikonfirmasi dengan penelitian yang lebih luas.

* Kiwi disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Dokter yang tergabung dalam Pengurus PDGKI (Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia) juga menjelaskan bahwa kiwi mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah lingkar pinggang membesar.

Baca Juga:  Peluang Usaha Lengkeng Matalada, Lengkeng Berbiji Kecil Sensasi Makan Lebih Puas

 

Sumber: Buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit

 


loading...