Fakta Ilmiah Manfaat Nangka yang Mampu Mencegah Anemia

Pertanianku — Nangka merupakan buah yang memiliki rasa manis dan beraroma yang sangat khas seperti durian. Nangka kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti aneka vitamin, kalsium, kalium, besi, tiamin, magnesium, dan nutrisi lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa nangka memiliki manfaat yang sangat banyak. Simak penjelasan berikut mengenai beberapa fakta ilmiah manfaat nangka.

manfaat nangka
foto: pixabay

Mencegah kanker

Nangka mengandung fitronutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin. Fitronutrien tersebut dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari luar terserap ke dalam tubuh sehingga buah manis ini mampu mencegah kanker.

Loading...

Mencegah anemia

Buah manis ini memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk mencegah anemia. Zat besi yang terkandung juga dapat membantu tubuh dalam melancarkan sirkulasi darah yang tepat pada tubuh.

Membantu pencernaan

Nangka memiliki sifat antiulkus yang bermanfaat untuk gangguan pencernaan dan penyembuhan borok. Buah ini memiliki kandungan serat yang amat tinggi sehingga mampu mencegah sembelit dan membantu pergerakan usus halus. Serat yang terkandung juga memberikan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar.

Memperkuat tulang

Buah manis nan harum ini kaya akan magnesium yang merupakan nutrisi penting dalam penyerapan kalsium. Magnesium sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang dan mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis. Magnesium yang terkandung juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak.

Kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung di dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit serta mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Teroid

Kandungan nutrisi zat tembaga yang ada di buah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tiroid. Tembaga berfungsi untuk metabolisme tiroid, terutama untuk memproduksi hormon dan penyerapan.

Baca Juga:  Ciri-ciri Pepaya Unggul

Membantu menurunkan tekanan darah

Buah nangka mengandung kalium yang dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi yang berpotensi menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan energi

Selain kaya akan nutrisi penting, nangka juga mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang mampu memberikan dorongan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Loading...
Loading...