Fakta Menarik Alpukat yang Belum Banyak Diketahui


Pertanianku – Buah yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti kue, minuman, es campur, jus, dan bahkan masakan. Buah alpukat sangat populer di seluruh dunia. Banyak restoran menyajikan berbagai macam menu alpukat. Buktinya, berbagai restoran modern mulai menawarkan olahan avocado toast, guacamole, dan avocado smoothie pada menu makanan mereka.

Foto: pixabay

Selain rasanya yang lezat, buah ini juga sangat mudah diolah menjadi makanan apa pun. Kandungan nutrisinya pun dinilai ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Tak heran jika makanan ini digolongkan sebagai salah satu jenis superfood (makanan yang mengandung banyak gizi).

Namun, sejauh manakah Anda mengetahui tentang buah yang memiliki daging lembut tersebut? Sebagaimana melansir Foxnews, berikut fakta menarik tentang alpukat yang belum banyak diketahui masyarakat.

Memanen alpukat menggunakan tangan

Untuk memanen alpukat, para petani tidak menggunakan alat khusus kecuali tangga dan tangan mereka. Alpukat harus dipetik menggunakan tangan agar teksturnya tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu, tidak mengherankan jika harga jual buah ini relatif lebih mahal dibandingkan buah-buahan pada umumnya.

Biji alpukat sebagai pengganti tinta

Para penjelajah dari Spanyol atau dikenal dengan sebutan conquistador, menggunakan biji alpukat untuk dijadikan tinta pewarna. Tinta tersebut biasanya digunakan untuk menulis surat, atau sebagai warna tekstil. Hingga saat ini, masyarakat Kolombia masih menggunakan tinta alpukat untuk mewarnai produk tekstil mereka.

Varietas alpukat beragam

Ada beragam varian alpukat yang tersebar di berbagai negara di dunia. Untuk membedakannya, Anda dapat melihat dari tekstur dan bentuk kulitnya. Setiap alpukat juga memiliki cita rasa yang berbeda. Varian alpukat yang paling populer di Indonesia sendiri adalah alpukat mentega. Kelebihannya terletak pada tekstur daging yang lembut, padat, tebal, kering, dan tanpa serat.

Baca Juga:  5 Manfaat Ajaib Raw Cocoa
loading...
loading...