Fakta Menarik Bawang Putih

Pertanianku Bawang putih merupakan bahan masakan yang hampir sering digunakan pada setiap jenis masakan. Bawang ini berbentuk umbi yang terdiri atas suing-siung kecil dan menyatu dalam bungkusan kulit berlapis. Bawang putih memiliki nama internasional berupa garlic. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga sering digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti rematik, sakit gigi, gigitan ular, batuk, dan darah tinggi.

bawang putih
foto: pixabay

Asal bawang putih

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh bawang ini membuat penggunaannya sudah hampir dilakukan di berbagai belahan dunia. Bawang ini berasal dari negara Asia Tengah dan kini sudah tersebar ke seluruh dunia. Masyarakat di Benua Eropa, Amerika, dan Australia sangat mengenal bahan masakan ini dengan baik dan hampir selalu menggunakannya pada setiap masakan.

Loading...

Keberadaannya di Indonesia

Jika bangsa Eropa, Australia, dan Amerika sangat gemar menggunakan bawang putih pada setiap masakannya. Di Indonesia, bawang ini sudah terkenal dari beratus-ratus tahun yang lalu, yaitu pada saat diperkenalkan oleh pelaut dari India dan Cina. Sejak saat itu, eksistensi bawang ini cukup melekat pada setiap masakan khas Nusantara.

Varietas

Ternyata ada banyak varietas bawang putih yang tersebar di Indonesia, seperti lumbu hijau, lumbu kuning, lokal cirebon, dan tawangmangu. Varietas yang lebih mudah untuk dijumpai adalah varietas lumbu hijau. Varietas ini memiliki ciri seperti bentuknya yang bulat seperti telur dengan bagian ujung yang runcing dan bagian dasar yang rata.

Bawang lanang

Bawang putih yang berupa umbi utuh dinamakan sebagai bawang lanang atau bawang jantan karena bawang tersebut tidak memiliki siung-siung kecil. Jenis bawang tersebut berasal dari Cina atau Taiwan. Akibat ketidaksesuaian lingkungan, bawang tersebut tumbuh menjadi bawang lanang.

Baca Juga:  Menanam Kubis di Lahan Rawa

Kandungan gizi

Di antara semua jenis bawang, bawang putih memiliki kandungan gizi yang paling banyak. Kandungan yang paling banyak dimiliki adalah vitamin C dan mineral P, Ca, dan K. Bawang ini juga mengandung Fe dan grup vitamin B. Kandungan kalori bawang ini terbilang cukup tinggi, dalam 100 gram bawang terdapat 95 kalori.

 

Loading...
Loading...