Fakta Menarik Buah Jeruk Bali, Efektif Menurunkan Kadar Lemak

PertaniankuBuah jeruk bali cukup populer di Indonesia, tetapi masih jarang yang mengonsumsinya karena tidak semua orang menyukainya. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, salad, dan rujak. Selain lezat, buah ini sebenarnya mengandung banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa fakta ilmiah mengenai buah jeruk bali yang wajib Anda ketahui.

buah jeruk bali
foto: https://pemkomedan.go.id/

Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan di Israel melibatkan 57 pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan baru saja menjalani operasi bypass pada pembuluh darah koroner yang menyempit. Pasien tersebut dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan jeruk bali berwarna merah, kelompok kedua diberikan jeruk bali berwarna putih, dan kelompok ketiga tidak diberikan buah ini.

Loading...

Setelah diberikan selama 30 hari berturut-turut, pasien kelompok pertama dan kelompok kedua sama-sama mengalami penurunan lemak di dalam darah. Sementara itu, pasien kelompok ketiga tidak mengalami perubahan apa pun. Lemak yang dapat diturunkan oleh buah ini adalah trigliserida.

Menjaga kesehatan gusi

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di Jerman, seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini memiliki gusi sehat. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi pada buah. Kandungan vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan gusi serta memperbaiki permasalahan yang ada di gusi manusia. Bahkan, buah yang menyegarkan ini bisa memberikan efek positif pada perokok.

Mengeluarkan asam empedu

Ternyata, bukan hanya kadar kolesterol yang dapat diturunkan oleh jeruk bali. Buah ini melancarkan kolesterol bersamaan dengan mengeluarkan asam empedu ke susu dan membuangnya melalui tinja. Asam empedu tersebut dibuat dari kolesterol.

Meningkatkan pembakaran lemak

Jeruk bali bisa digunakan untuk meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga bisa dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, waktu untuk membakar lemak akan menjadi lebih cepat dengan buah ini.

Baca Juga:  Hari Pangan Sedunia: Sumbangsih Besar dari Petani Kecil di Indonesia

Kandungan vitamin C

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah ini berkhasiat sebagai antioksidan. Selain itu, seluruh khasiat yang ditimbulkan dari buah ini disebabkan oleh kandungan vitamin C buah jeruk bali.

 

Loading...
Loading...