Fakta Menarik Buah Lemon

Pertanianku — Jeruk lemon diperkirakan berasal dari Cina dan India dekat Himayala. Buah ini diperkenalkan ke Eropa oleh bangsa Arab pada abad ke-12. Kini popularitas buah lemon sudah sangat tinggi meski rasanya sangat asam. Sebetulnya, rasa lemon sangat bervariasi, bergantung pada varietas lemon yang Anda pilih. Tahukah Anda ada beberapa fakta menarik buah lemon yang perlu diketahui karena berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan tubuh.

buah lemon
Foto: Pixabay

Kulit jeruk lemon

Kulit jeruk lemon sering kali digunakan pada masakan seperti membuat kue. Pasalnya, kulit jeruk lemon dapat menyebabkan aroma lemon pada menu tersebut menjadi sangat kuat. Namun, faktanya kulit jeruk lemon tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, ada juga sebagian orang yang menderita alergi saat mengonsumsi kulit lemon.

Kulit jeruk lemon mengandung minyak yang dapat mengganggu fungsi kerja beberapa organ tubuh. Misalnya, kandungan senyawa citral yang khasiatnya berlawanan terhadap fungsi vitamin A.

Kulit lemon terdiri atas dua lapis. Bagian luar mengandung minyak esensial (60 persen) dengan komposisi limonene, citral, dan sejumlah kecil citronellau, alfa-terpineol, linalyl, dan greanyl acetate. Sementara itu, kulit bagian dalam tidak mengandung minyak esensial dan rasanya pahit.

Bisa digunakan sebagai obat luar

Lemon tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai obat, tetapi juga berguna sebagai obat luar untuk mengompres eksim, kulit terbakar matahari, bengkak akibat gigitan serangga, serta gatal di tangan dan kaki akibat kedinginan.

Mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan

Jus jeruk lemon bisa Anda gunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit tenggorokan. Minyak atsiri yang terdapat di dalam buah ini bermanfaat sebagai obat oles untuk mengatasi sariawan.

Dapat mengusir rasa lelah

Saat Anda merasa sedang kelelahan, coba ambil segelas jus lemon dan minumlah. Segelas jus lemon tersebut bisa membuat rasa lelah Anda setelah bekerja seharian berkurang.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Bunga Teratai Putih

Khasiat minum lemon pada pagi hari

Lemon yang diminum pada pagi hari dalam bentuk hangat ataupun dingin dapat mengusir racun dari hati dan melancarkan pencernaan. Jika Anda memiliki maag, sebaiknya minum jus lemon setelah sarapan dan tambahkan gula agar tidak terlalu asam.