Fakta Menarik Buah Pepaya

Pertanianku Pepaya, buah yang sangat mudah ditemukan di pasaran dengan kandungan gizi, vitamin, dan serat yang tinggi. Buah pepaya sering dijadikan senjata pamungkas saat mengalami masalah pada pencernaan. Namun, tahukah Anda ada beberapa fakta buah pepaya yang jarang disadari oleh banyak orang. Simak ulasan berikut ini.

fakta buah pepaya
foto: pertanianku

Sangat mudah tumbuh dan tidak mengenal musim

Ada sebagian tanaman buah yang hanya mampu berbuah pada musim tertentu, misalnya rambutan. Namun, pohon pepaya merupakan tanaman buah yang sangat mudah tumbuh di mana saja. Tanaman ini sudah dibudidayakan secara luas di Amerika Tengah dan Selatan, Afrika Utara, Hawai, India, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Srilangka.

Pohon pepaya dapat tumbuh optimal di ketinggian 200—500 mdpl. Pepaya yang tumbuh di atas 500 mdpl dapat menghasilkan buah yang kurang manis, pertumbuhan pohon pun lebih lambat dari biasanya. Hal ini menyebabkan pepaya terkenal dengan buah dataran rendah.

Selain mampu tumbuh di mana saja, pepaya juga mampu berbuah kapan saja, tidak mengenal musim buah. Hal ini membuat stok buah pepaya menjadi tidak pernah langka sehingga harga jual di pasaran jarang mengalami fluktuasi harga.

Disukai oleh masyarakat

Buah pepaya memiliki rasa yang manis serta aroma yang cukup khas. Buah yang sudah matang memiliki tekstur yang lembek dan mudah dicerna serta berwarna kuning oranye. Perpaduan aroma, rasa, serta warna tersebut membuat banyak orang yang menyukai pepaya. Apalagi, kadar air di dalam buah pepaya cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk melepas dahaga saat cuaca panas.

Buah matang pepaya dijadikan buah konsumsi, sedangkan buah mentahnya diolah menjadi sayur. Selain itu, pepaya juga sering dijadikan bahan baku industri makanan dan minuman.

Baca Juga:  Manfaat Perompesan Daun Apel

Meskipun demikian, ada segelintir orang yang kurang menyenangi pepaya karena saat buahnya sudah terlalu matang akan menjadi sangat lembek.

Bergizi tinggi

Di dalam buah pepaya mengandung berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin A dan C. Selain itu, ada kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, dan zat besi. Kandungan lain yang terdapat dalam buah ini adalah karbohidrat, protein, lemak, serat, abu, dan air. Semua gizi di dalam pepaya bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup murah dan mudah, mulai dari pasar tradisional, swalayan, toko pinggir jalan, hingga tukang buah yang lewat depan rumah.


loading...