Fakta Menarik Buah Stroberi

Pertanianku — Siapa yang tidak mengenal stroberi, buah beri berwarna merah muda yang sudah sangat sering digunakan dalam berbagai hidangan makanan. Tak sekadar bercita rasa manis asam dan menyegarkan, ternyata buah stroberi juga menyimpan berbagai fakta menarik untuk dibahas. Simak ulasannya di bawah ini!

buah stroberi
foto: Pixabay

Dapat dimanfaatkan sebagai obat luar

Stroberi berfungsi sebagai obat luar untuk mengatasi permasalahan yang kerap timbul di permukaan kulit, seperti terbakar sinar matahari, luka di kulit, bisul, infeksi, dan gigitan serangga. Selain itu, stroberi juga berkhasiat memudarkan warna kuning pada gigi. Caranya mudah, Anda hanya tinggal menggosok-gosokkan buah stroberi pada gigi secara rutin.

Jus stroberi harus segera dihabiskan

Buah stroberi umumnya dikonsumsi secara segar, dimakan bersama hidangan utama, seperti es krim atau dibuat menjadi jus. Kandungan vitamin C pada buah stroberi yang paling optimal bisa didapatkan dengan cara dimakan langsung.

Apabila Anda mengiris atau menghaluskan buah menjadi jus, irisan atau jus tersebut harus dihabiskan segera sebelum kandungan vitamin C-nya berkurang. Proses pemotongan atau penghalusan pada buah stroberi menyebabkan terlepasnya enzim yang dapat menghancurkan vitamin C tersebut.

Stroberi bisa menimbulkan efek samping

Sebenarnya, stroberi bisa menimbulkan efek samping meskipun masih sangat jarang ditemui orang yang mengalaminya. Stroberi dapat menstimulasi produksi histamin dan menimbulkan efek samping, seperti sesak napas, kemerahan, dan gatal-gatal.

Digunakan pada pengobatan tradisional Cina

Buah stroberi digunakan sebagai obat batuk, tenggorokan bengkak dan sakit, disentri, diabetes mellitus, seminal emission, bisul, koreng, serta gigitan serangga dan ular.

Khasiat buah stroberi

Stroberi berkhasiat sebagai antioksidan, detoksifikasi karsinogen, pencahar untuk mengatasi sembelit, peluruh kencing ringan, memperbaiki gangguan pencernaan, mencegah kemunduran fungsi otak, mengurangi risiko timbulnya kanker, dan mencegah katarak.

Baca Juga:  Cara Menyemai Benih Melon

Mengandung antioksidan yang kuat

Stroberi mengandung antioksidan yang terbilang kuat sehingga membantu tubuh mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan begitu, proses perubahan sel normal menjadi sel kanker dapat dicegah. Kandungan antioksidan ini sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh, apalagi di tengah pandemi karena ancaman virus yang cukup besar.