Fakta Menarik Bunga Sedap Malam yang Menyemarakkan Momen Lebaran

Pertanianku Bunga sedap malam sering dipilih sebagai penghias ruangan ketika Lebaran Idulfitri karena bentuknya yang menarik dan dapat mengeluarkan aroma yang khas. Bunga ini dapat membuat ruangan menjadi lebih wangi dari biasanya. Biasanya, satu hari menjelang Lebaran, banyak penjual bunga potong dadakan yang menjajakannya bersama dengan jenis-jenis bunga lainnya.

bunga sedap malam
foto: Pixabay

Kesegaran bunga sedap malam umumnya hanya bisa bertahan selama 3 hari. Namun, tahukah Anda, bunga yang menyebarkan aroma wangi ini bisa dibuat bertahan lebih lama. Simak info menarik lainnya tentang sedap malam yang tidak boleh Anda lewatkan.

Dapat bertahan selama 9 hari

Daya tahan bunga dapat dijaga hingga 9 hari dengan menggunakan larutan berupa 300 ml air, sukrosa 4 persen, AgNO3 20 ppm, dan asam sitrat 2 persen. Larutan tersebut digunakan untuk merendam bagian bawah tangkai bunga sepanjang 1 cm dengan kemiringan 45° setiap hari. Perlakuan ini terbukti mampu memperpanjang daya tahan bunga menjadi 9 hari. 

Tetap segar selama disimpan

Agar penampilan sedap malam tetap segar selama disimpan, Anda harus memastikan memilih batang yang sehat. Pilihlah batang yang lurus dan sehat dengan 50–75 persen bunga sudah terbuka. Pastikan bunga di bagian bawah masih penuh dan tidak cacat. Bunga yang tumbuh pada batang tebal dapat bertahan lebih lama dibanding bunga di batang ramping.

Bagian ujung batang dipotong dengan kemiringan 1,5 cm untuk membantu membuka pori-pori batang sehingga bunga dapat menyerap air lebih banyak. Bunga yang sulit menyerap air akan lebih mudah busuk. Setelah itu, masukkan bunga ke wadah yang berisi 1/3 air.

Bunga sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk agar kesegarannya bertahan lebih lama. Saat air sudah berubah warna, sebaiknya ganti dan potong kembali sedikit batangnya.

Baca Juga:  Waspada, Ini Penyebab Kegagalan Membuat Kompos

Khasiat sedap malam

Tak hanya mampu mengeluarkan aroma yang khas, sedap malam juga berkhasiat mengatasi beberapa penyakit. Khasiatnya adalah mencegah terjadinya anemia, mencegah insomnia, dan meredakan radang tenggorokan.