Fakta Menarik Hamster


Pertanianku – Hamster adalah hewan mungil yang sangat menggemaskan. Terlebih, hewan mungil ini sangat aktif. Inilah yang membuat banyak orang menyukainya, terutama anak-anak.

Fakta Menarik Hamster

Namun, saat memutuskan untuk memelihara hamster, Anda harus mengetahui terlebih dahulu karakter hewan mungil ini. Hal ini bertujuan agar hamster yang dipelihara dapat tumbuh dengan baik. Berikut beberapa fakta menarik hamster.

  • Hamster adalah hewan yang menyukai kebersihan

Hamster merupakan hewan yang gemar mandi. Namun, cara mandi hamster berbeda dan sangat unik. Hamster membersihkan tubuhnya dengan cara berguling-guling di atas pasir yang bersih. Hal ini bertujuan menghilangkan gatal-gatal, kutu dan minyak, serta parasit yang menempel pada kulit dan bulunya. Jika selesai berguling-guling, hewan ini akan mengibaskan semua pasir yang menempel dengan cara menggoyangkan tubuhnya.

  • Hamster dapat memakan anaknya sendiri

Seekor hamster betina dapat dalam keadaan tertentu dapat memakan anak yang baru ia lahirkan. Hamster jantan juga dapat memakan bayi hamster. Alasannya beragam. Hamster betina sangatlah sensitif dalam masa kelahirannya, mereka akan memakan anaknya sendiri jika mereka dalam bahaya. Biasanya, ini terjadi karena kandang yang terlalu kecil, bayi yang terlalu banyak, dan bau manusia.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memisahkan hamster jantan saat hamster betina sedang hamil. Usahakan jangan menyentuh anakan hamster yang masih bayi. Ini karena akan membuat induk hamster tidak dapat mencium bau anaknya dan mereka mengira anaknya adalah predator yang mengancam.

  • Hamster termasuk golongan hewan omnivora

Hamster merupakan hewan omnivora. Ini karena hamster termasuk keluarga tikus, yaitu pemakan segala yang memakan semua jenis makanan.

  • Hamster memiliki pendengaran seperti anjing

Hamster memiliki pendengaran sangat tajam seperti anjing. Bahkan, mereka bisa mendengar suara dalam jangkauan ultrasonik.

  • Hamster memakan tumbuhan dan serangga kecil
Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta

Perlu Anda ingat kembali bahwa hamster hewan omnivora. Oleh karena itu, hewan mungil ini tidak hanya memakan biji bunga matahari. Hamster di alam liar bahkan memakan tumbuhan, biji-bijian, dan serangga.

  • Pipi gembul hamster berisi makanan

Pipi hamster memiliki kantong yang cukup elastis. Kegunaannya untuk menyimpan makanan sementara, sebelum dipindahkan ke tempat yang aman di sarangnya. Oleh karena itu, tidak heran jika pipinya sangat gembul. Bahkan, seekor hamster sanggup menyimpan makanan seberat 20% dari berat badannya.

  • Hamster tidak dapat melihat warna-warni pelangi

Hamster adalah salah satu hewan yang buta warna sehingga hidupnya mungkin hanya dapat melihat warna hitam dan putih, tidak ada warna pelangi yang bisa mereka lihat. Hamster hanya bisa melihat sampai 6 inci di depan mereka.

loading...
loading...