Fakta Menarik Jeruk Purut

Pertanianku — Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak asing dengan jeruk purut meskipun penggunaannya masih terbilang jarang. Buah jeruk purut berbentuk bulat telur, kulitnya hijau mengerut, dan terdapat banyak benjolan. Tanaman ini termasuk perdu dengan batang yang memiliki ketinggian hingga 3 m. Meskipun penggunaannya relatif jarang, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Simak fakta menarik tentang jeruk purut.

jeruk purut
foto: http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/

Nama daerah

Di Jakarta, buah ini memang terkenal dengan nama jeruk purut. Namun ternyata, di beberapa daerah buah ini terkenal dengan nama lain. Seperti pangir (Batang), lemau purut (Lampung), lemai puruik (Minangkabau), mude nelu (Flores), lemo puru (Bugis), usi ela (Ambon), dan lemo jobatai (Halmahera).

Loading...

Bagian yang bisa dimanfaatkan serta kandungannya

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari pohon jeruk purut adalah buah dan daun. Pada daun terdapat minyak atsiri, tannin, steroid, dan triterpenoid. Sementara, pada bagian kulit buah terdapat sitrat, tannin, steroid, triterpenoid, dan saponin. Seluruh kandungan tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan kelelahan dan flu.

Cara penggunaan

Sebagai obat flu, buah jeruk purut yang sudah matang diperas dan kemudian dicampur dengan segelas air panas atau hangat. Minum ramuan selagi masih panas untuk menghangatkan tubuh yang sedang dilanda flu.

Sebagai obat untuk meringankan rasa lelah, rebus dua genggam daun jeruk dalam 3 liter air hingga mendidih. Campurkan air rebusan tersebut pada air yang digunakan untuk mandi. Lakukan treatment ini setelah Anda pulang kerja atau sedang merasa sangat lelah. Daunnya dipercaya dapat menambahkan stamina setelah melakukan pekerjaan berat.

Penyedap masakan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jeruk purut bisa digunakan sebagai bumbu tambahan sebagai penyedap masakan dan minyaknya sering digunakan sebagai bahan wewangian.

Baca Juga:  Atasi Hama Tikus dengan Pestisida Nabati Ubi Gadung

Minyak atsiri

Sebagian besar kandungan dari buah ini adalah minyak atsiri citronelal sebanyak 80 persen, sisanya adalah citronellol 10 persen, nerol, dan limonene. Minyak yang terdapat pada daunnya dipercaya dapat menyuburkan rambut, tetapi belum ada penelitian yang telah membuktikannya.

Loading...
Loading...