Fakta Menarik Kacang Panjang

Pertanianku Kacang panjang diduga berasal dari daratan Afrika dan memiliki nama internasional yardlong beans atau cowpes. Sayur ini merupakan sayuran yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, sayuran ini sangat mudah ditemukan di berbagai jenis masakan, seperti pada sayur asem, oseng tempe, dan gado-gado. Ternyata, ada beberapa fakta menarik kacang panjang yang harus Anda simak.

kacang panjang
foto: pixabay

Jenis varietas

Ada dua jenis kacang panjang yang bisa Anda temukan di pasar, yaitu biasa atau hijau dan  usus atau super. Perbedaan jenis tersebut berdasarkan panjang kacang masing-masing jenis. Seperti jenis kacang panjang biasa yang hanya memiliki panjang 40 cm, sedangkan kacang super biasanya memiliki ukuran polong yang lebih panjang daripada yang biasa.

Loading...

Kandungan dalam bijinya terbilang sedikit

Dalam bijinya mengandung protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang sedikit. Namun, sayuran ini sangat baik menjadi sumber vitamin A, B, dan C serta fosfor. Oleh karena itu, meskipun beberapa kandungan terbilang cukup sedikit, sayuran ini tetap saja sangat bermanfaat untuk tubuh. Dalam 100 gram polong mengandung 44 kalori.

Cara membeli

Pilihlah polong kacang yang terlihat mulus, tidak ada cacat, dan masih muda.

Cara menyimpan

Sayuran yang tidak langsung digunakan dapat disimpan terlebih dahulu. Cara menyimpan sayuran ini tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Cukup dibersihkan dari debu yang menempel dan letakkan di dalam plastik berlubang. Sayuran ini dapat bertahan selama 10 hari di lemari es.

Cara memasak yang benar tanpa menghilangkan gizinya

Sayuran ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan. Namun, pada umumnya kacang panjang diolah dengan cara direbus di dalam air yang mendidih dan diberi sedikit garam. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak adalah 7 menit. Lamanya waktu perebusan yang tepat dapat menjaga kesegaran warna sayuran. Jika sayuran disajikan sebagai lalapan, sebaiknya diolah dengan cara dikukus karena tekstur akan lebih kering dan tidak berair.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Panjang yang Benar

Penyajian di berbagai daerah

Di beberapa daerah, sayuran ini sering disajikan sebagai lalapan mentah ditemani dengan sambal terasi, sambal tomat, atau sambal kacang seperti karedok.

Loading...
Loading...