Fakta Menarik Kulit Lemon yang Baik untuk Kesehatan


Pertanianku – Buah berwarna kuning dan memiliki cita rasa asam ini memang terkenal akan manfaatnya yang luar biasa. Bahkan, bisa dikatakan lemon adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Hal ini bisa dilihat dari hampir setiap orang memiliki stok lemon di rumah, baik digunakan untuk tambahan pada masakan, kue maupun dijadikan minuman sehat.

Foto: pixabay

Buah ini kaya kalium yang diperlukan untuk berpikir jernih dan menjaga tekanan darah tetap normal. Jika Anda ingin berkumur untuk menghilangkan bakteri jahat, ambil setengah gelas air panas dan peras air lemon. Gunakan itu untuk berkumur.

Tak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, ternyata kulit lemon pun punya sejuta khasiat tak terduga. Yuk, kita lihat beragam manfaat kulit lemon yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat, seperti dikutip Boldsky.

  • Tak hanya buahnya yang luar biasa, begitu pula kulitnya. Sayang sekali ada orang yang tidak mengetahuinya, itulah mengapa mereka membuang kulitnya ke tempat sampah.
  • Sebagian studi mengatakan mengonsumsi lemon beserta kulitnya bisa memberi nutrisi dua kali lebih banyak ketimbang hanya mengonsumsi air lemon.
  • Apa saja nutrisi yang terkandung? Ada vitamin A, E, C, B6, riboflavin, fosfor, zat besi, kalsium, folat, kalium, dan magnesium.
  • Salah satu cara terbaik mengonsumsi lemon dengan kulitnya adalah dengan cara membekukannya.
  • Setelah beku, cukup potong bagian ujung atas dan bawah. Kemudian giling lemon. Kulitnya bisa dimasukkan ke dalam sup, salad, atau saus pasta.
  • Selain itu, bisa juga memarut kulit lemon yang beku. Masukkan ke dalam jus, teh, smoothies, atau resep lain.

Bagaimana, pasti Anda tak menyangka bukan jika kulit lemon yang biasanya kita buang setelah memeras sari lemon memiliki manfaat yang sangat banyak?!

Baca Juga:  Kafein Juga Bisa Bikin Overdosis
loading...
loading...