Fakta Menarik Sayur Bayam

Pertanianku— Bayam merupakan sayuran daun yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah. Selain itu, kandungan gizi dalam bayam terbilang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Tak heran, sayuran ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini beberapa fakta menarik sayur bayam yang sering Anda konsumsi.

sayur bayam
foto: pixabay

Mudah untuk ditanam sendiri

Daun bayam merupakan sayuran yang sangat mudah ditanam sendiri dan bisa tumbuh di sepanjang tahun. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran tinggi hingga dataran rendah. Anda hanya perlu merawatnya dengan benar, memberikan pupuk, dan air secara rutin. Anda bisa menanamnya sendiri di rumah untuk keperluan pribadi. Biasanya bayam yang ditanam sendiri terasa jauh lebih segar dan nikmat.

Loading...

Asal sayuran

Ternyata sayuran ini berasal dari Amerika Tropik dan sudah menyebar luas di daerah tropis lainnya, termasuk di Indonesia. Namun, kini sayuran ini sudah tersebar ke daerah beriklim sedang.

Rasa bayam

Bagian yang bisa dimanfaatkan dari sayuran ini adalah daun dan batangnya. Di kalangan penggemarnya, sayuran ini dikenal dengan rasanya yang sedap dan segar. Bahkan, sayur ini bisa memberikan rasa dingin di dalam perut.

Jenis sayuran

Ternyata tanaman ini memiliki banyak jenisnya. Namun, yang sering dikonsumsi oleh manusia hanya ada dua jenis, yaitu bayam putih dan kakap.

Kandungan gizi

Kandungan gizi sayuran yang identik dengan kartun Popeye ini sangat kaya akan zat besi. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin A dan mineral lainnya seperti kalsium. Jumlah kalori per 100 gram daun hanya 36.

Cara memasak sayuran yang benar agar tidak menghilangkan gizinya

Jika daun direbus, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 4—6 menit. Sementara, bila direbus dengan santan, waktu yang dibutuhkan selama 3—5 menit. Jika sayuran dimasak dengan cara ditumis, masukkan sayuran dan tutup sebentar. Setelah mengeluarkan asap, angkat tutup panci, aduk-aduk sebentar hingga sayuan layu dan matikan api. Sementara, bila dimasak dengan cara dikukus, waktu yang dibutuhkan agak lebih lama, yaitu 8 menit.

Baca Juga:  Waspadai 5 Hama pada Pohon Jahe yang Sangat Merugikan

Sayuran sebaiknya langsung habis sekali masak karena bayam yang sudah lebih dari 12 jam sudah tidak baik untuk dikonsumsi. Selain itu, sayur bayam tidak direkomendasikan untuk dimasak berulang atau dipanasi.

Loading...
Loading...