Fakta Menarik Susu Kambing yang Wajib Diketahui

Pertanianku Susu kambing terkenal sebagai salah satu produk hewani yang disenangi oleh masyarakat. Susu didapatkan dari kambing perah dengan hasil berupa susu segar murni tanpa campuran apa pun. Susu terdiri atas 1/8 bahan kering dan 7/8 bagian air. Tiap individu kambing tidak selalu menghasilkan kualitas susu yang sama karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

susu kambing
foto: Pixabay

Apakah Anda sudah pernah meminum susu kambing? Sudah tahu apa saja khasiatnya? Ada banyak fakta menarik dari produk hewani ini yang perlu Anda ketahui, simak ulasannya di bawah ini!

Mencegah dan menyembuhkan TBC

Sebagai sumber gizi, susu bisa digunakan untuk mencegah ataupun menyembuhkan TBC pada balita. Susu tidak dapat menyebabkan diare dan alergi karena tidak memiliki factore lactose intolerance.

Mengatasi impotensi

Susu yang diminum secara teratur 2–3 gelas per hari dapat membantu mengatasi masalah impotensi pada pria.

Lemak susu dapat diolah menjadi mentega

Susu kambing mengandung lemak sekitar 42 persen. Emulsi lemak susu yang mengumpul bisa diolah menjadi mentega. Lemak susu terdiri atas campuran trigeliserida yang terdiri atas 52 asam berlemak, yang di mana 67 persen berupa lemak jernih dan 23 persen berupa lemak tak jernih.

Lemak susu ini juga mengandung asam mentega sekitar 3 persen, asam kapron 2 persen, asam kaprik 1 persen, asam kaprina 1,5 persen, asam laurina 6 persen, asam miristina 20 persen, asam pamitina 10 persen, asam oleina 32 persen, dan asam linolen 3 persen.

Ramah balita hingga orang tua

Kandungan lemak dan protein susu kambing lebih mudah dicerna daripada susu sapi karena bentuknya lebih halus dan homogen. Lemak dan protein bisa dicerna oleh balita hingga orang tua. Susu kambing tidak akan mengganggu kondisi pencernaan orang tua.

Baca Juga:  Pakan untuk Dongkrak Bobot Ayam Kampung

Menghaluskan kulit

Susu kambing yang diminum secara rutin dapat membuat kulit lebih halus. Manfaat ini tentunya sangat tepat untuk Anda yang sedang melakukan perawatan kulit.