Fakta Menarik Tomat

PertaniankuTomat terkenal rendah kalori dan mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, karoten terutama likopen dan biotin. Tomat merah mengandung likopen lebih banyak dibanding tomat hijau. Buah yang direbus sebentar atau dimasak memiliki khasiat antikanker yang cukup tinggi. Meski sayuran ini terlihat biasa saja karena sering dijumpai, sebenarnya memiliki banyak fakta menarik untuk dibahas.

tomat
foto : Pertanianku

Menimbulkan efek psikotropik

Penderita radang sendi dan penderita yang alergi dengan tanaman suku Solanaceae tidak bisa sembarangan mengonsumsi tomat. Mereka harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya karena dikhawatirkan timbul efek psikotropik.

Dapat menimbulkan alergi

Mungkin tidak banyak yang tahu, tomat dapat menimbulkan alergi kepada beberapa orang yang sensitif. Pasalnya, sayuran ini mengandung saponin, solanine, histamin, dan rasa asam. Mereka yang alergi akan merasa gatal-gatal, serangan asma, sakit kepala, dan diare.

Berbahaya ketika dikonsumsi berlebihan

Sayuran ini mengandung sejumlah oksalat dan hal ini cukup berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Pasalnya, kandungan tersebut dapat mengendap bila dikonsumsi berlebihan.

Bisa menyebabkan keracunan

Tahukah Anda, seseorang yang mengonsumsi lebih dari 100 gram daun segar atau buah tomat yang masih hijau bisa mengalami keracunan. Gejalanya berupa iritasi selaput lendir (muntah, diare, kolik). Setelah diserap akan muncul gejala pusing, stupor, sakit kepala, denyut jantung melambat, gangguan pernapasan, spasme ringan, dan pada kasus yang sangat berat dapat menyebabkan kematian.

Tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang sensitif aspirin

Rasa asam pada buah tomat disebabkan oleh asam malik, asam sitrat, dan asam salisilat. Orang-orang yang sensitif terhadap aspirin atau obat-obat yang mengandung asam salisilat harus berhati-hati atau bahkan menghindari konsumsi tomat.

Baca Juga:  Waspada, Ini Penyebab Kegagalan Membuat Kompos

Jangan gunakan panci aluminium

Ketika Anda ingin merebus atau memasak tomat, sebaiknya jangan menggunakan panci aluminium. Pasalnya, di dalam buah tomat terkandung asam yang tinggi dan bisa bereaksi dengan aluminium. Apabila aluminium masuk ke tomat, hal tersebut akan menyebabkan rasa tidak enak dan dapat mengganggu kesehatan.