Fakta Mencengangkan Tentang Penyu yang Harus Anda Tahu


Pertanianku — Penyu adalah fauna yang istimewa. Saat ini, populasinya terancam, ditambah lagi dengan tragedi banyaknya penyu mati akibat menelan sampah plastik di lautan. Nah, beberapa fakta mencengangkan tentang penyu lainnya perlu Anda ketahui.

fakta mencengangkan tentang penyu
Foto: Pixabay23

Hari penyu sedunia jatuh pada 23 Mei. Hari pengingat mengenai spesies yang status konservasinya terancam tersebut ditetapkan oleh American Tortoise Rescue sejak 2000 silam. Hari khusus itu bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai penyu, serta mengajak masyarakat untuk membantu fauna tersebut bertahan hidup dan berkembang.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan populasi penyu menurun hingga akhirnya menjadi hewan langka. Spesies yang ada sejak sekitar 100 juta tahun lalu ini perlu dilestarikan. Berikut fakta menarik soal penyu, dikutip dari laman Care2.

  1. Usianya bisa mencapai ratusan tahun

Penyu mendiami semua benua kecuali Antartika dengan usia terpanjangnya mencapai 188 tahun. Sementara itu, fosil penyu tertua ditemukan sekitar 220 juta tahun yang lalu.

  1. Suhu pengaruhi jenis kelamin penyu

Suhu sarang di atas 29 derajat Celsius cenderung menghasilkan lebih banyak penyu betina. Hebatnya, saat penyu betina siap bertelur, mereka menempuh perjalanan jauh ke pantai yang sama tempat mereka dilahirkan.

  1. Penyu perlu dilestarikan

Populasi global penyu terus menurun karena penyelundupan, perubahan iklim, perusakan habitat, industri makanan eksotis, dan perdagangan hewan peliharaan. Sejumlah konservasi alam berjuang bersama melindungi habitat delapan spesies penyu yang berisiko punah.

  1. Cangkang penyu sangat istimewa

Cangkang penyu memiliki saraf dan suplai darah, menjadikannya bagian aktif dari tubuh. Cangkang tersebut adalah tulang rusuk yang berubah dan terdiri atas 50 tulang berlapis yang berbeda.

  1. Penyu adalah spesies unik

Spesies penyu terbesar di dunia bisa mencapai berat hingga 680 kilogram. Ada juga eastern musk turtle yang melepaskan bau seperti sigung saat terancam dan penyu air tawar eastern snapping turtle yang merendam tubuh sangat lama sampai alga tumbuh di cangkangnya.

  1. Hari penyu diperingati di berbagai negara
Baca Juga:  Populasi Orangutan di Aceh Terancam Akibat Perkebunan Kelapa Sawit

Hari penyu sedunia dirayakan di berbagai belahan dunia, termasuk di Dubai, Uni Emirat Arab. Dubai Turtle Rehabilitation Project (DTRP) yang didirikan pada 2004 sejauh ini telah merehabilitasi dan melepasliarkan 1.175 penyu ke Teluk Arab.