Fakta Mengejutkan Markisa, si Manis yang Membuat Perasaan Tenang

Pertanianku — Markisa tergolong tanaman genus Passiflora yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika. Di Indonesia terdapat dua jenis buah markisa, yaitu markisa unggul (Passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi dan markisa kuning (Passiflora flavicarpa) yang tumbuh di dataran rendah.

buah markisa
foto: Pixabay

Buah ini memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak air. Markisa sering dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus buah yang menyegarkan. Untuk Anda penggemar markisa, buah ini menyimpan berbagai keajaiban. Simak fakta-fakta mengejutkan dari buah markisa.

Kaya vitamin

Markisa kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium. Berbagai kandungan yang terdapat dalam markisa sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit. Salah satu kandungan dari markisa adalah passiflorance yang bermanfaat untuk membuat saraf menjadi rileks.

Jus markisa bisa menenangkan tubuh

Minum segelas jus markisa dingin dapat membantu mengendurkan saraf dan pikiran serta membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Mengatasi masalah pencernaan

Markisa sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.

Membantu seseorang tertidur

Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan, menurut mereka, makan sebuah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah.

Mampu menenangkan serangan asma

Bagi penderita asma, markisa sangat bergizi dan dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Khasiat markisa kuning untuk membunuh sel kanker

Penelitian in vitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid.

Baca Juga:  Agar Tanaman Jahe Tumbuh Subur, Begini Cara Mengolah Lahan yang Benar

Nama markisa dari berbagai belahan dunia

Markisa memiliki nama sebutan yang berbeda-beda di tiap negara. Di Spanyol, markisa disebut maracuyá, di Inggris disebut passion fruit, di Amerika Selatan dan Afrika Selatan disebut granadilla, di Hawai disebut lilikoi, dan di Vietnam disebut chanh dây atau chanh leo.