Fakta Unik Buah Nanas

PertaniankuBuah nanas terkenal sebagai sumber beberapa vitamin (A, B1, B2, dan C), mineral (kalium, besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, natrium), glukosa, fruktosa, sukrosa, enzim bromelain, karoten, asam nikotinik, asam organik, dan serat.

buah nanas
foto: Pertanianku

Setiap 78 gram potongan buah nanas mengandung 38 kalori, 87 air, 10 gram karbohidrat, 1 gram serat, 5 mg kalsium, 1 mg mangan, 89 mg kalium, 11 mg magnesium, 5 mg fosfor, 2 IU vitamin A, 12 mg vitamin C, 0,1 mg thiamin, 0,1 mg vitamin B6, 8µg folat, dan gula alami (sukrosa, fruktosa, dan glukosa).

Buah nanas lebih cocok dikonsumsi secara langsung karena bersifat dingin dan mengandung banyak air. Buah yang sering dijadikan sebagai campuran rujak ini memiliki beberapa fakta menarik yang masih belum disadari oleh orang-orang. Simak fakta unik buah nanas di bawah ini!

Mempercepat proses pascaoperasi

Kandungan bromelain di dalam buah nanas dapat mempercepat penyembuhan, meredakan nyeri, dan memar setelah operasi. Pemerintah Jerman telah menyetujui penggunaan bromelain untuk menyembuhkan luka pascaoperasi serta mengurangi bengkak pada hidung dan sinus yang baru saja menjalani operasi THT.

Berkhasiat debridement

Kandungan bromelain pada nanas juga berkhasiat debridement yang cepat. Percobaan sebelumnya sudah dilakukan pada tikus yang menderita luka berat.

Menyebabkan rasa kantuk dan tenang

Beberapa ahli memperkirakan bahwa kandungan bromelain pada nanas dapat menimbulkan rasa kantuk ataupun rasa tenang. Itu sebabnya bromelain dapat meningkatkan efek dari obat seperti antidepresan, luminal, dan diazepam.

Dapat menimbulkan alergi

Buah nanas dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang dengan gejala mual, muntah, diare, sesak napas, tenggorokan bengkak hingga sulit bernapas, denyut jantung cepat, kemerahan di kulit, iritasi selaput lendir, gangguan haid, dan kontraksi rahim.

Baca Juga:  Jenis Limbah Industri yang Dapat Diolah Menjadi Kompos

Obat luar

Nanas dapat digunakan sebagai obat luar. Caranya, kupas buah nanas dan parut. Hasil parutan buah tersebut ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Parutan tersebut dapat membersihkan jaringan yang mati pada luka bakar, luka, ketombe, bisul, koreng, dan radang kulit.

Selain daging buahnya, Anda juga dapat memanfaatkan daun nanas untuk ditumbuk hingga halus, lalu balurkan pada bagian luka bakar, bisul, dan gatal-gatal.