Fakta Unik Cabai, Berguna untuk Hewan dan Manusia!

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal cabai, salah satu sayuran buah yang sering digunakan dalam berbagai resep makanan. Cabai bisa menimbulkan rasa pedas yang mampu menaikkan nafsu makan. Namun, ternyata cabai bisa berkhasiat untuk kesehatan manusia. Selain itu, fakta cabai lain yang masih belum disadari ada sangat banyak. Berikut ini fakta cabai yang harus Anda ketahui.

fakta cabai
foto: pertanianku

Cabai merupakan obat herbal sejak 5 abad silam

Dahulu, cabai rawit digunakan sebagai alat terapi oleh John Gerard, ahli botani dan penulis buku History of Plant. Herbalis Nicholash Culpeper melakukan penelitian terhadap cabai dan menemukan fakta bahwa cabai rawit bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, memperlancar aktivitas pencernaan dan perkemihan, serta mengeluarkan batu ginjal.

Kandungan capsaicin dalam cabai

Cabai mengandung capsaicin yang mampu mencegah kerusakan sel epitel trakea yang disebabkan oleh asap rokok dan polusi. Cabai juga mengandung zat mukogenetik yang berkhasiat mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Oleh karena itu, cabai sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita sinusitis, bronchitis, dan asma.

Khasiat pada burung kicau

Tidak hanya pada manusia, cabai sering juga dimanfaatkan oleh hobiis burung kicau. Capsaicin di dalam cabai mampu membuat lidah burung menjadi tajam sehingga burung lebih aktif berkicau. Selain itu, cabai juga bisa digunakan untuk memperindah bulu dan menghangatkan tubuh burung sehingga tidak mudah sakit. Namun, dosis yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan si burung. Jangan memaksakan untuk mengonsumsi dalam jumlah banyak.

Khasiat untuk ayam

Selain burung kicau, cabai juga bisa digunakan dalam pakan ayam. Cabai yang digunakan dalam pakan ayam sebaiknya berbentuk bubuk cabai. Pakan tersebut bisa menstimulasi kemampuan ayam bertelur sehingga telurnya yang dihasilkan bisa lebih optimal.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Bunga Pohon Terung yang Rontok

Mengandung vitamin C

Cabai mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C pada cabai bahkan mengalahkan jeruk. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralisir toksin di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meningkatkan rasa bahagia

Capsaicin di dalam cabai bisa memicu pelepasan endorfin, yaitu hormon yang bisa memberikan rasa rileks, bahagia, sekaligus pereda nyeri.


loading...