Fakta Unik di Balik Chia Seed yang Populer Bagi Kesehatan

Pertanianku — Popularitas chia seed yang melambung tidak lepas dari manfaatnya bagi kesehatan. Awalnya, tanaman chia seed hanya tumbuh di daerah Meksiko dan Amerika Selatan. Kini, Anda dapat menemukan chia seed di banyak lokasi dan sudah dikemas sehingga  penggunaannya cukup praktis.

Popularitas chia seed
Foto: pixabay

Chia seed sering disangka biji selasih bagi orang yang belum mengetahuinya. Tidak heran karena biji berukuran kecil ini sangat mirip dengan selasih yang merupakan biji kemangi tersebut. Padahal, keduanya memiliki perbedaan.

Faktanya, dibandingkan dengan selasih, ukuran chia seed tampak lebih besar. Selasih memiliki bentuk yang lebih kecil dan warna yang seragam. Sementara itu, chia seed berwarna hitam, cokelat, abu-abu, dan putih yang berbeda-beda walaupun ukurannya sama.

Loading...

Chia seed bermanfaat bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya. Fakta ini didukung oleh kandungan nutirisi yang terdapat pada chia seed. Biji ini mengandung protein, kalsium, zat besi, omega-3, dan kandungan lainnya yang baik bagi tubuh.

Biji asal Meksiko ini banyak digunakan sebagai tambahan asupan oleh orang yang sedang diet dan mengatur pola makan. Risiko yang rendah menyebabkan alergi pada chia seed menjadi alasan banyaknya orang yang mengonsumsi biji ini walaupun sedang mengurangi asupan makanan lainnya.

Chia seed memberikan efek kenyang lebih lama bila ditambahkan pada berbagai jenis makanan. Kandungan serat chia seed dipercaya dapat membantu efek kenyang ini. Selain itu, biji-bijian ini juga akan mengembang ketika dimasukkan ke air.

Tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, fakta chia seed yang tak boleh terlewat adalah biji ini merupakan mood booster alami. Mengonsumsi chia seed membuat mood kembali menjadi lebih baik. Anda dapat mengembalikan suasana hati dengan mengonsumsi chia seed dalam berbagai bentuk hidangan.

Baca Juga:  Fakta Menarik Buah Jeruk Bali, Efektif Menurunkan Kadar Lemak

Chia seed sendiri bisa diolah menjadi beragam makanan yang menarik. Anda dapat menambahkan biji-bijian kering ini ke smoothies, yoghurt, salad, ataupun oat meal. Anda juga dapat menambahkan chia seed pada segelas air atau jenis minuman lainnya. Saat terkena cairan, chia seed akan mengembang dan saling menempel.

Loading...
Loading...