Fakta Unik di Balik Mawar Hitam


Pertanianku — Mawar memang salah satu tanaman bunga hias yang sangat diminati banyak orang. Salah satu jenis bunga mawar yang kini sedang popular, yaitu bunga mawar hitam. Kendati demikian, ada fakta unik di balik mawar hitam ini.

fakta unik di balik mawar hitam
Foto: Shutterstock

Bunga mawar hitam ini memang langka untuk kita temukan karena kebanyakan yang kita temui adalah bunga mawar merah dan mawar putih. Siapa sangka, bunga mawar hitam ini begitu identik dengan yang namanya ilmu hitam. Bunga ini biasanya digunakan sebagai sesaji dalam ritual tertentu dan suatu ancaman kematian ataupun pembunuhan.

Benarkah begitu? Yuk simak, di bawah ini beberapa fakta unik dibalik bunga mawar hitam yang perlu Anda ketahui.

Tanah tempat bunga mawar hitam tumbuh memiliki kandungan yang unik sehingga memengaruhi warna dari bunga ini. Selain itu, bunga mawar ini berbeda dengan mawar yang lainnya karena hanya berbunga dua kali dalam satu tahun, yaitu saat musim semi datang ataupun saat musim semi itu berlangsung. Bunga mawar hitam biasanya bisa bertahan dalam waktu lima belas hari saja kemudian layu.

Mawar hitam memang memiliki proses yang agak lama dalam pertumbuhannya. Pada saat awal berbunga, bunga ini berwarna merah namun agak gelap. Bunga ini berwarna merah agak gelap saat musim semi datang dan akan berubah menjadi warna hitam legam saat musim panas datang.

Namun demikian, kini spesies mawar hitam hampir saja punah. Karena syarat tumbuh yang sulit dan cara perkembangbiakannya yang terbilang rumit. Bunga mawar hitam ini lebih dikenal dengan bunga yang melambangkan kebencian dan sebuah simbol adanya suatu misteri. Namun, perlu Anda tahu bahwa mawar hitam sangat mengagumkan dan tetap harus dijaga.

Baca Juga:  Tips Merawat Pot Gantung Beserta Tanaman Hiasnya

Mawar hitam bisa tumbuh subur di Turki, tepatnya di Halfeti. Bunga mawar ini biasanya ditemukan di pedalaman hutan belantara yang memiliki suhu sejuk dan bercurah hujan tinggi. Mawar hitam ini biasanya tumbuh sebagai tumbuhan parasit yang menempel pada batang atau akar pohon berukuran besar.

Bunga mawar ini selalu dikaitkan dengan kematian dan juga suasana berkabung. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa hal ini termasuk dalam prosesi pemakaman. Mawar hitam juga dikenal sebagai simbol perpisahan dan kesedihan dan jarang digunakan sebagai hadiah untuk orang yang dicintai.