Fakta Unik Hiu Hantu yang Misterius

Pertanianku — Sesuai dengan namanya, hiu hantu termasuk ikan misterius yang belakangan mulai terkuak satu per satu faktanya. Beberapa tahun lalu untuk pertama kalinya para ilmuwan berhasil mengabadikan hiu hantu atau chimaera biru hidung runcing.

hiu hantu
foto: By NOAA – http://oceanexplorer.noaa.gov/10year/media/3_chimaera.html, Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=50076235

Hiu bernama Latin Hydrolagus trolli ini pada 2002 dan diketahui hidup di perairan dalam dekat Australia, Selandia Baru, dan Kaledonia Baru. Chimaera merupakan ikan yang tidak biasa. Tubuh ikan ini tidak kaku oleh tulang, tetapi oleh piringan dan tulang seperti tulang rawan. Penampilan fisik ikan hiu ini terlihat cukup aneh.

Ikan ini bermata besar, memiliki sirip menyerupai sayap burung, tubuhnya meruncing, ekor panjang dan tipis, serta gigi berbentuk pipih yang digunakan untuk menggilas makanan. Bentuknya yang aneh merupakan hasil adaptasi dengan lingkungan laut dalam karena hiu ini memang hidup di perairan dalam dengan kedalaman lebih dari 500 m.

Hiu hantu merupakan ikan purba, di Indonesia terdapat tiga jenis, yakni Chimaera orgiloba, Hydrolagus cf lemurs, dan Hydrologus sp. Para ilmuwan memprediksi ada hampir 50 spesies hiu hantu yang hidup di lautan seluruh dunia. Namun, sayangnya hewan ini jarang terlihat karena hidupnya di laut dalam.

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, meski sering disebut sebagai hiu hantu karena penampilannya hampir serupa, chimaera bukan hiu. Hewan ini sudah mengalami penyimpangan evolusi dari leluhur yang sama dari hiu jutaan tahun yang lalu.

Penelitian hewan ini memang masih misterius karena sangat sulit dilakukan. Pasalnya, fosil chimaera sangat langka karena tubuh hewan ini terdiri atas tulang rawan yang sulit berubah menjadi fosil.

 

 

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Ikan Mandarin yang Cantik