Fakta Unik Ikan Lele, Ikan Berkumis dengan Cita Rasa Lezat

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal dengan ikan lele, ikan berkumis dan memiliki daging berwarna putih dengan cita rasa yang lezat serta gurih. Lele termasuk ikan air tawar yang sangat mudah dipelihara. Tak heran, banyak orang yang memeliharanya untuk kebutuhan pangan keluarga hingga skala bisnis.

ikan lele
foto: Pertanianku

Ikan yang sering diolah menjadi menu pecel lele ini memiliki banyak fakta unik yang kemungkinan besar belum Anda ketahui. Berikut ini fakta unik ikan lele.

Tingkah laku

Lele termasuk hewan nokturnal yang beraktivitas di malam hari. Pada siang harinya, lele akan berlindung di tempat yang agak gelap, dalam, dan teduh seperti benda atau bebatuan yang berada di dasar perairan. Ikan akan keluar pada malam hari untuk beraktivitas dan mencari makan.

Tidak memiliki sisik

Pernahkah Anda menyadari bahwa di tubuh ikan lele tidak ada sisik seperti ikan air tawar umumnya. Jika Anda pegang, badannya hanya terasa licin tanpa adanya sisik yang menyelubungi tubuhnya.

Ikan lele jenis listrik

Lele listrik (Malapterurus electricus) merupakan salah satu jenis lele yang cukup unik. Lele listrik dapat ditemukan di Sungai Nil dan beberapa perairan air tawar di Afrika Barat. Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai 1 m dan berat mencapai 20 kg. Sesuai dengan namanya, ikan ini mampu mengeluarkan listrik untuk menangkap mangsa dan melindungi diri dari gangguan.

Listrik yang dihasilkan oleh lele ini mencapai 350 volt. Tegangan tersebut terbilang tinggi sehingga menyebabkan mati rasa selama beberapa saat.

Fungsi kumis lele

Kumis atau sungut yang berada di bagian tubuh lele bukan sekadar hiasan, melainkan indra peraba yang berperan penting dalam menentukan kondisi tempat dan mencari pakan di malam hari. Ikan lele yang kehilangan sungut akan mengalami penurunan efisiensi mencari pakan hingga 23 persen.

Baca Juga:  Borok Ikan Lele, Penyakit yang Ditakuti Pembudidaya

Lokasi yang tidak bisa dihuni ikan lele

Ikan lele terbilang cukup mudah dibudidayakan di mana saja. Ikan ini hanya tidak bisa hidup di Antartika, tempat terdingin di muka bumi karena hampir sebagian besar wilayahnya tertutup oleh es sepanjang tahun. Selain Antartika, lele juga tidak bisa hidup di Alaska.