Fakta Unik Jamur, Ada yang Berbahaya dan Sangat Mahal

Pertanianku — Jamur sudah terkenal sebagai komoditas budidaya yang bernilai ekonomi. Namun, tahukah Anda, ada banyak fakta unik jamur yang masih jarang disadari oleh banyak orang. Selama ini jamur hanya terkenal ada yang aman dikonsumsi dan ada juga yang berbahaya. Padahal, masih banyak fakta jamur lainnya yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

fakta unik jamur
foto: Pertanianku

Jamur supernatural

Apakah Anda pernah mendengar jamur ling zhi? Jamur ini dalam bahasa Jepang berarti jamur supernatural. Hal ini berkaitan dengan khasiat yang terkandung di dalamnya. Konon, jamur ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Popularitas jamur ling zhi sudah terkenal sejak lama. Pasalnya, pada lukisan karya Chen Hongshou tampak seorang tabib sedang memegang jamur ling zhi sebagai salah satu bahan untuk ramuan obatnya.

Obat untuk berbagai penyakit

Jamur shitake tak hanya lezat diolah menjadi masakan, tetapi juga bisa berkhasiat untuk mengobati penyakit saluran napas, melancarkan sirkulasi darah, meredakan gangguan hati, memulihkan kelelahan, dan meningkatkan energi chi. Selain itu, shitake juga dianggap dapat mencegah penuaan dini. Hal tersebut sudah dituliskan oleh Wu Juei pada zaman Dinasti Ming.

Jamur termahal

Anda pasti tahu, predikat jamur termahal dipegang oleh truffle putih. Saking mahalnya, jamur truffle putih diperjualbelikan seperti obat terlarang. Beberapa orang mengatakan jamur ini dapat meningkatkan nafsu seks.

Anda hanya bisa mendapati jamur termahal ini di daerah Piedmont Italia, Emilia-Romagna, Tuscany, Marches, dan Semenanjung Istria dari Kroasia. Jamur truffle putih tumbuh di bawah tanah dan hanya bisa ditemui oleh anjing yang sudah terlatih.

Jamur bercahaya

Ada lebih 60 jenis jamur yang dapat memperlihatkan fenomena bioluminescience, yaitu fenomena pemancaran cahaya oleh tubuh jamur tersebut. Mycena chlorophos merupakan salah satu jenis jamur yang dapat melakukan hal tersebut. Jamur ini pertama kali diidentifikasi secara resmi pada abad ke-19.

Baca Juga:  Resep Sate Jamur Tiram yang Lezat

Jamur tidak satu kingdom dengan tanaman

Mulanya, jamur dikelompokkan pada kingdom plantae atau tanaman karena memiliki morfologi yang hampir sama. Namun, belakangan jamur ditetapkan memiliki kingdom tersendiri, yakni kingdom fungi atau jamur. Hal ini dikarenakan banyak perbedaan yang terdapat antara jamur dan tanaman, salah satunya adalah klorofil.