Fakta Unik Kulit Durian Ini Bikin Takjub


Pertanianku — Durian dibudidayakan untuk dikonsumsi buahnya karena rasanya yang nikmat. Buah yang berasal dari daerah asia tenggara ini berbentuk bulat dan kulitnya bergerigi tajam. Di balik teksturnya yang bergerigi tajam, tahukah Anda tentang fakta unik kulit durian yang menguntungkan?

fakta unik kulit durian
Foto: Pertanianku

Durian kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus.

Kandungan vitamin C yang tinggi bermanfaat sebagai anti-oksidan. Buah ini mengandung banyak vitamin B komplek, seperti niasin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B5), dan tiamin (vitamin B1). Kandungan tersebut merupakan vitamin esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Selain buahnya yang mengandung begitu banyak nutrisi dan nilai gizi tinggi, kulit durian juga ternyata sangat bermanfaat. Berikut ini ulasan tentang beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kulit durian.

  • Kulit durian dapat diolah menjadi bahan bakar dengan cara menjemur dan mengeringkannya. Selain itu, dapat pula dijadikan olahan briket berbahan dasar kulit durian.
  • Banyak suku di Indonesia, terutama Sumatera mengunakan kulit buah durian sebagai obat bisul.
  • Mengobati sakit perut dengan kulit durian. Cara ini sudah dipercaya sejak dahulu kala oleh suku-suku Melayu di daerah Sumate
  • Mengolah kulit durian menjadi makanan. Di tangan-tangan orang yang kreatif, kulit durian yang kelihatan tidak bermanfaat dapat diolah menjadi makanan yang bernilai jual tinggi. Salah satu olahan dari kulit durian adalah manisan. Manisan kulit durian merupakan salah satu olahan khas dari Kabupaten P
Baca Juga:  Cara Paling Tepat Membuat Tanaman Cepat Berbuah