Fakta Unik Kupu-Kupu yang Jarang Diketahui

0

Pertanianku – Kupu-kupu merupakan salah satu serangga yang memiliki jenis sangat beragam. Di dunia, jenis serangga yang cantik ini mungkin ada jutaan. Sulawesi tercatat menjadi salah satu daerah yang memiliki populasi kupu-kupu terbanyak di Indonesia, bahkan dunia pun menjuluki Sulawesi sebagai The Kingdom of Butterfly.

Sebelum menjadi hewan yang cantik, kupu-kupu harus melewati beberapa proses metamorfosis. Metamorfosis adalah proses perubahan pada hewan dari bentuk satu ke bentuk lain.

Jika kita membahas kupu-kupu, pasti tidak semua orang tahu sifat atau karakteristik hewan ini. Terdapat fakta menarik tentang kupu-kupu. Berikut beberapa fakta unik kupu-kupu yang Anda harus tahu.

  1. Kupu-kupu memiliki sayap yang transparan. Karena di setiap lapisan sayapnya berbeda tingkat kecerahannya, sayap kupu-kupu yang kita lihat beraneka ragam warna.
  2. Kupu-kupu mengalami masa metamorfosis yang sempurna. Mulai dari telur, ulat, kepompong dan jadilah kupu kupu.
  3. Kupu-kupu dapat merasakan rasa dedaunan dengan kakinya, apakah daun itu enak apa tidak untuk nanti dimakan anak-anaknya (ulat).
  4. Kupu-kupu mengalami peningkatan besar tubuhnya hingga sampai 27.000 kali mulai dari telur hingga menjadi kupu kupu.
  5. Kupu-kupu memiliki probosis. Probosis adalah mulut yang panjang pada kupu-kupu yang digunakan untuk menghisap makanan yang jaraknya jauh.
  6. Terdapat kupu-kupu yang tidak memiliki mulut sehingga dia tidak bisa makan. Dia bisa bertahan hidup karena mengumpulkan energi semasa dia berada di dalam kepompong. Dan kupu-kupu ini tidak bisa hidup lama.
  7. Apabila suhu tubuh kupu-kupu sekitar 29—30°C, kupu-kupu tidak bisa terbang sama sekali. Dia butuh waktu untuk menurunkan suhu tubuhnya hingga ke titik normal baru kupu-kupu bisa terbang lagi.
  8. Kupu-kupu termasuk hewan yang kuat, dia bisa menempuh ribuan kilometer untuk menemukan tempat yang hangat di musim yang dingin dan kembali kalau masuk musim semi tiba.
  9. Kupu-kupu memiliki mata majemuk yang berjumlah 12.000 pasang mata. Bentuknya pun seperti belahan bola yang berada di atas kepala.
loading...
loading...