Fakta Unik Lidah Buaya Ini Bikin Kagum


Pertanianku Aloe Vera atau lebih dikenal dengan lidah buaya merupakan tanaman tropis sekulen yang memiliki bentuk daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, fakta unik lidah buaya berikut ini mungkin saja membuat Anda terkagum-kagum.

fakta unik lidah buaya
Foto: Pixabay

Lidah buaya merupakan tanaman yang unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif seperti mannans asetat, polymananas, antrakuinon, dan berbagai lektin. Bukan hanya itu, lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang sudah dikenal bermanfaat dalam pengobatan herbal. Dikutip dari Bobo.id, berikut ini beberapa fakta unik tentang tanaman lidah buaya.

  1. Terpercaya ribuan tahun

Lidah buaya sebenarnya berasal dari wilayah Afrika dan Timur Tengah. Namun demikian, tanaman ini dapat tumbuh dimana saja dan mudah didapat dan dikenal sebagai tumbuhan dengan sejuta manfaat. Seluruh dunia memanfaatkan lidah buaya sejak ribuan tahun yang lalu.

  1. Tanaman keabadian

Lidah buaya sudah digunakan di Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini punya panggilan khusus dari bangsa Mesir Kuno, yaitu ‘Tanaman Keabadian’.

Lidah buaya disebut tanaman keabadian karena dulunya jenazah di sana diawetkan dengan ramuan yang salah satu campurannya ialah lidah buaya. Dengan ramuan ini, bakteri dan jamur bisa dihalau.

  1. Rahasia kecantikan

Tanaman lidah buaya dianggap menjadi rahasia kecantikan dan kesehatan. Bahkan, tanaman ini juga dimanfaatkan oleh Ratu Mesir, Cleopatra, terutama untuk kecantikan.

  1. Mengusir roh jahat

Penduduk Mesir menganggap tumbuhan lidah buaya sebagai simbol suci. Mereka menggantungkan lidah buaya di pintu dan percaya bahwa itu bisa menghindarkan mereka dari hal-hal jahat, termasuk fitnah. Bahkan, dulu lidah buaya juga dipercaya mampu mengeluarkan roh jahat yang masuk ke tubuh manusia saat kerasukan.

  1. Tanaman kerajaan
Baca Juga:  Faktor Pendukung Media Tanam Sukulen yang Baik

Bukan hanya dianggap simbol suci di Mesir, lidah buaya juga istimewa bagi masyarakat Jepang. Tanaman lidah buaya dikenal sebagai ‘tanaman kerajaan’. Sebab, lidah buaya digunakan untuk mengobati para samurai yang terluka.

  1. Dibawa perang

Walaupun berbentuk seperti pedang dan berduri, lidah buaya dibawa perang bukan untuk senjata, tetapi untuk obat. Cairan yang ada di dalam lidah buaya mampu membantu menyembuhkan prajurit yang terluka dengan lebih cepat.

  1. Simbol harmoni

Di Tiongkok ada obat yang dikenal dengan nama Lu-hui, yaitu jus lidah buaya yang dikeringkan. Bagi pengobatan di Tiongkok, lidah buaya merupakan perwakilan dari ‘metode keseimbangan’ (method of harmony) dan dianggap penting dalam kehidupan sehari-hari di sana.