Fakta Unik Sapi yang Tersebar di Seluruh Dunia

Pertanianku — Siapa yang tidak tahu sapi, binatang ternak ruminansia yang dikonsumsi hampir di seluruh negara. Tahukah Anda bahwa sapi sebenarnya memiliki keunikan yang lebih dari sekadar hewan ternak yang dikonsumsi oleh manusia. Berikut ini fakta unik sapi.

fakta unik sapi
foto: pixabay

Hewan suci

Sapi dianggap sebagai hewan suci oleh pemeluk agama Hindu, terutama untuk masyarakat India. Sapi merupakan hewan suci karena berhubungan erat dengan Khrisna dan Syiwa. Kendaraan Dewa Syiwa adalah Nandi yang berwujud seekor sapi. Inilah alasannya kenapa sapi dianggap suci oleh agama Hindu.

Di Mahabalipuram dan Madural terdapat situs suci bagi Nandi dan kuil Syiwa. Sementara itu, di Jhansi, India, terdapat kuil Viswanath yang dibangun pada 1002. Di dalamnya terdapat patung Nandi yang sangat besar dan kini patung tersebut menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Arti lembu, nama lain yang disematkan pada sapi

Pasti kamu pernah mendengar beberapa kali orang menyebut sapi dengan kata lembu. Sapi sebenarnya tidak hanya dianggap suci oleh agama Hindu, tetapi juga pada agama Jainisme, Budhisme, Zoroastrianisme, dan agama Mesir Kuno, Yunani Kuno, serta Romawi Kuno.

Dalam agama Hindu, sapi merupakan lambang kekayaan, kekuatan, kelimpahan, memberi tanpa pamrih, dan kehidupan duniawi. Inilah arti lembu yang sudah berkembang di masyarakat. Di India, sapi tidak boleh disembelih dan dimakan.

Susu sapi bisa menambah tinggi badan

Fakta unik sapi lainnya adalah susu sapi bisa memengaruhi tinggi badan. Orang Belanda memiliki postur tubuh yang paling tinggi. Rata-rata pria Belanda tingginya mencapai 186 cm, sedangkan perempuannya sekitar 172 cm. Hal ini karena orang Belanda memiliki kecenderungan mengonsumsi susu sapi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Landak Laut atau Bulu Babi

Pedet, nama anak sapi

Setiap anak hewan ternak memiliki nama panggilan, dan pedet merupakan panggilan dari anak sapi. Pedet yang baru lahir sudah berbobot 25—45 kg. Pedet sudah bisa berjalan beberapa menit setelah dilahirkan.

Sapi terbesar di dunia

Sapi terbesar di dunia berasal dari Italia, yaitu sapi chianina. Sapi tersebut bernama Donetto dan merupakan sapi jantan terberat sedunia karena bobotnya mencapai 1.740 kg.


loading...