Fakta Unik si Hijau Kiwi, Jangan Kupas Kulit Buah Kiwi!

Pertanianku — Kiwi terkenal memiliki kulit berbulu halus dan berwarna cokelat. Tahukah Anda, bagian kulit kiwi itu tidak perlu dikupas. Anda bisa mengonsumsi buah kiwi secara langsung bersamaan dengan kulitnya. Cara ini sudah dilakukan sejak lama, tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui bagian kulit buah kiwi bisa dimakan sehingga membuang bagian kulitnya. Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya tentang buah kiwi yang perlu Anda ketahui.

kulit buah kiwi
foto: PIxabay

Manfaat kulit buah kiwi

Kulit buah kiwi kaya akan flavonoid yang bersifat antialergi, antikanker, dan antiinflamasi. Zat-zat tersebut juga ada pada bagian daging buah kiwi. Seluruh zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu, di dalam kulit buah kiwi terdapat serat tambahan yang baik untuk tubuh.

Cara mengonsumsinya sangat mudah, Anda hanya perlu mencuci bersih buah kiwi, kemudian gosok-gosok kulitnya dengan kain basah yang bersih untuk menghilangkan bulu-bulu kasar. Setelah itu, buah boleh langsung dimakan. Anda bisa langsung menggigitnya atau memotong buahnya terlebih dahulu. Saat ini ada beberapa kiwi yang sudah memiliki sedikit bulu karena sudah ada pengembangan bibit yang dapat menghasilkan buah dengan sedikit bulu.

Menjaga kesehatan jantung

Buah kiwi memiliki kandungan asam alfa linolenat dan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah jantung.

Menjaga kesehatan pembuluh darah

Potasium atau kalium yang terdapat dalam buah kiwi bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah. Kiwi dapat memperbaiki tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menguatkan pembuluh darah, dan mengatur membran tubuh. Kandungan membran paling banyak berada pada kulitnya.

Sumber vitamin A, C, dan E

Baca Juga:  Khasiat Tersembunyi Bengkuang untuk Kesehatan

Kiwi termasuk buah kaya vitamin A yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Bukan hanya itu, vitamin C pada buah kiwi mampu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah pendarahan. Sementara itu, vitamin E-nya mampu melindungi membran sel tubuh dan menjaga fungsi otot tubuh.