Fakta Unik Tanaman Sawo


Pertanianku — Sudah tahukah Anda tentang fakta unik tanaman sawo? Tanaman sawo merupakan salah satu jenis tanaman tahunan, yang berbuah tanpa ada musim. Tanaman sawo ini berasal dari Guatemala Amerika tengah, Meksiko, dan Hindia Barat.

fakta unik tanaman sawo
Foto: Pixabay

Tanaman ini sudah menyebar ke berbagai benua. Salah satunya Asia, yaitu Indonesia, yang terdapat di Jawa dan Madura. Sawo ditanam pada dataran tinggi dengan ketinggian 1.200 m dpl.

Pohon sawo bisa tumbuh hingga puluhan tahun lamanya. Batangnya berkayu dan akan tumbuh sampai 40 meter dengan banyak cabang dan duan yang lebat. Dan, yang paling istimewa, yaitu tumbuhan ini bisa berbuah sepanjang tahun.

Tanaman sawo memiliki buah berbentuk lonjong, berwarna kecokelatan muda dan memiliki kulit yang kasar. Buah ini memiliki biji yang sangat mengkilap, berwarna kehitaman lonjong, dan dalam satu buah memiliki 6—8 biji.

Banyak orang yang menyukai buah sawo karena rasanya yang manis. Uniknya, saat makan buah sawo rasanya seperti berpasir.

Selama ini kebanyakan masyarakat hanya mengetahui getah dihasilkan dari pohon karet. Nah, ternyata pohon sawo juga bisa menghasilkan getah. Di Amerika, getah tanaman sawo dikentalkan menjadi chicle yang merupakan bahan untuk membuat permen karet alami dan untuk menambal gigi.

Uniknya lagi, buah sawo dipanen sebelum matang. Biasanya, buah yang baru dipetik masih keras dan akan disimpan selama 3—7 hari agar matang dan jadi lunak.

Kadang, buah juga akan matang selama di perjalanan saat akan dijual di pasar. Tujuan panen sebelum matang adalah untuk menghindari gigitan hewan dan memastikan buah bisa matang sesuai selera.

Baca Juga:  Tips Mudah Menanam Anggur Brazil di Polibag