Pengaruh Biaya dalam Produksi Karet


Pertanianku – Produksi dan produsen adalah dua istilah yang tak bisa dipisahkan. Produksi bisa terwujud karena produsen menyertakan sejumlah output. Untuk tanaman karet, produksi yang dihasilkan merupakan suatu rangkaian kegiatan padat karya, yaitu output yang digunakan adalah output langsung.

Situasi Pasar Karet Alam

Sebelum tanaman karet ditanam hingga berproduksi diperlukan biaya-biaya di antaranya adalah biaya pembukaan hutan, biaya penanaman, biaya pemeliharaan sebelum menghasilkan, dan biaya lain. Biaya itu disebut biaya pokok. Sedangkan biaya operasional adalah biaya sadap, biaya perawatan, biaya pemrosesan, dan biaya pengelolaan.

Biaya-biaya di atas sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Penyertaan sejumlah biaya untuk memperoleh hasil maksimal harus diperhitungkan. Untuk itu diperlukan perencanaan sebelumnya.

Dalam perhitungan biaya ini disertakan tenaga kerja, sarana, dan prasarananya. Jumlah ini tidak kecil, apalagi pada saat menanti tanaman karet berproduksi. Setelah berproduksi, semua biaya tidak akan kembali dalam beberapa tahun pertama.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Karet

 

loading...
loading...