Faktor Dalam yang Mempengaruhi Kondisi Peternakan Ayam


Pertanianku – Untuk keadaan dari dalam peternakan yang menyebabkan situasi tidak normal pada perkembangan peternakan ayam meliputi hal-hal berikut.

Manajemen Kesehatan Ayam Kampung

  1. Kesalahan manajemen di dalam peternakan yang mengakibatkan pengelolaan peternakan menjadi kacau. Pegawai tidak terkoordinasi, tidak terawasi, keuangan kacau, dan serentetan persoalan lain dapat merebak ke permukaan tiap hari. Bila masalah ini muncul tentu keadaan yang semula normal menjadi tidak normal.
  2. Masalah teknis peternakan akibat tidak paham caracara memelihara ayam kampung. Akibatnya terjadi mortalitas atau kematian tinggi dan produktivitas ayam yang rendah. Termasuk dalam kasus ini adalah hal-hal teknis ayam ras yang disamakan dengan ayam kampung.
  3. Masalah administrasi dan pemasaran yang tidak dijalankan atau kurang perencanaan. Kejadian macam ini umumnya tidak dirasa, peternak merasa seolah-olah keadaan normal saja. Situasi tidak normal akibat kekacauan administrasi dan pemasaran umumnya dirasakan setelah lama berlangsung.

Ketiga permasalahan tersebut dapat terjadi bersamaan dan bisa pula terjadi sendiri-sendiri. Panduan yang dapat dipegang adalah bila keadaan tidak normal dirasakan oleh semua peternak maka dapat dipastikan bahwa faktor penyebabnya berasal dari luar. Sementara itu, bila peternakan Anda saja yang limbung/goyah, sedangkan orang lain biasabiasa saja maka penyebabnya adalah dari dalam peternakan. Hal yang parah adalah bila faktor dari luar dan dalam terjadi sekaligus.

 

Sumber: Buku 6 Kunci Sukses Beternak Ayam Kampung

 

Baca Juga:  5 Cara Ampuh agar Bebek Bertelur Setiap Hari