Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Produksi Ayam Petelur

Pertanianku – Ayam petelur, khususnya yang berasal dari ras luar negeri umumnya memiliki produktivitas yang tinggi, tetapi memiliki berbagai kelemahan yang harus diantisipasi oleh peternak. Berbagai studi menunjukkan bahwa ayam ras petelur mudah terpengaruh oleh lingkungan dan kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan umumnya rendah. Ayam ras petelur mudah mengalami stres jika terjadi perubahan lingkungan. Oleh karena itu, ayam ras petelur memerlukan sistem pemeliharaan yang sangat intensif, penyediaan pakan yang cukup dan kualitas.

Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Produksi Ayam Petelur

 

Selain itu, ayam raspetelur memiliki sifat kanibalisme (saling memangsa antarsesama) yang relatif tinggi sehingga perlu diantisipasi melalui sistem pemberian pakan yang baik dan mencukupi. Kelemahan lainnya adalah risiko kematian dan kerusakan yang tinggi. Perubahan atau kesalahan dalam manajemen yang kecil pun dapat menyebabkan kematian atau penurunan produksi yang cukup besar. Hal tersebut tidak berlaku untuk ayam kampung yang relatif lebih mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Agar gejala-gejala tersebut tidak timbul terhadap ayam petelur, khususnya ras, salah satu tindakan praktis yang dapat dilakukan peternak adalah mengatur faktor eksternal yang mencakup suhu, kelembapan, pencahayaan, dan kecepatan angin.

Baca Juga:  Syarat Kandang yang Ideal untuk Ayam Petelur

loading...