Faktor-faktor ini Memengaruhi Kesehatan Ikan


Pertanianku – Pada budidaya ikan, pernahkah Anda kebingungan ketika mendapati ikan-ikan Anda terserang berbagai macam penyakit? Jika hal ini terjadi, tandanya ada yang salah pada sistem pemeliharaan ikan yang Anda lakukan. Kemungkinan terburuknya adalah semua ikan yang Anda budidayakan akan mati. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dan bisa menanggulanginya dengan baik.

Faktor-faktor ini Memengaruhi Kesehatan Ikan

Pencegahan merupakan tindakan yang paling efektif dibandingkan dengan pengobatan. Dengan padat penebaran yang demikian tinggi pada budidaya intensif, serangan penyakit dapat terjadi sewaktu–waktu. Pengawasan yang terjadwal dan konsisten merupakan langkah yang harus dilakukan dalam usaha budidaya ikan.

Berikut beberapa faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan pada ikan.

  1. Kelebihan Populasi

Kondisi dengan padat tebaran tinggi akan membuat ikan mudah stres sehingga menyebabkan ikan menjadi mudah terserang penyakit. Selain itu, kualitas air, volume air dan alirannya juga berpengaruh terhadap berkembangnya suatu penyakit. Populasi yang tinggi akan mempermudah penularan karena meningkatnya kemungkinan kontak antara ikan sakit dan ikan sehat.

  1. Cahaya

Budidaya ikan yang intensif pasti memerhatikan intensitas cahaya, lama penyinaran, area berkanopi, dan penyerapan cahaya agar lebih mudah dikontrol. Penetrasi cahaya dapat terhalang oleh turbiditas air yang disebabkan melimpahnya populasi fitoplankton dan partikel-partikel padatan terlarut. Apabila penetrasi cahaya tidak dapat mencapai dasar kolam atau tambak, akan menghambat tumbuhnya algae berfilamen dan tumbuhan air pengganggu pada dasar kolam.

  1. Suhu

Ikan merupakan hewan yang tidak menghasilkan panas tubuh sehingga suhu tubuhnya tergantung atau menyesuaikan pada suhu lingkungan sekelilingnya. Ikan memiliki derajat toleransi terhadap suhu dengan kisaran tertentu yang sangat berperan bagi pertumbuhan, inkubasi telur, konversi pakan, dan resistensi terhadap penyakit.

  1. Stres

Stres berpengaruh terhadap sistem pertahanan tubuh inang definitif, yaitu mukus. Segala bentuk stres akan membuat perubahan kimiawi dalam mukus yang dapat menyebabkan penurunan efektivitasnya sebagai pelindung kimiawi inang terhadap patogen dan parasit.

  1. Sistem imun yang rendah
Baca Juga:  Tanaman Ini Berikan Manfaat Ajaib untuk Pertumbuhan Ikan

Setiap hewan memiliki daya tahan individu yang ditentukan antara lain oleh umur, jenis kelamin, status nutrien, dan stres. Saat ikan pada kondisi lemah (sistem imun rendah) dan pada kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan, ikan akan rentan terserang berbagai macam penyakit.

loading...
loading...