Faktor-faktor Penyebab Buah Kopi Mudah Rontok

Pertanianku — Tidak semua buah kopi yang tumbuh dapat tetap bertahan hingga matang. Terkadang, ada beberapa buah kopi yang rontok sebelum waktunya. Pada dasarnya ada tiga faktor penyebab buah kopi rontok yang sering dialami oleh petani, yaitu kegagalan proses pembuahan, fisiologis, dan gangguan hama penyakit. Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini.

buah kopi rontok
foto: Pixabay

Gagal pembuahan

Buah kopi muda yang rontok biasanya memiliki bentuk kantong embrio yang tidak sempurna. Pembentukan kantong embrio yang tidak sempuna bisa disebabkan oleh kelainan yang terjadi ketika pembelahan sel yang terjadi secara meiosis atau karena self-sterilitas pada beberapa jenis kopi tertentu. Biasanya, buah yang mengalami gagal pembuahan tetap bisa menggembung tapi akan segera rontok.

Kegagalan pembuahan juga disebabkan oleh self sterilitas dan incompatabillitas yang terjadi antara sel telur dan inti sel jantan dari serbuk sari. Pembentukan kantong embiro sudah sempurna sehingga bisa membesar karena ada rangsangan persarian meskipun proses pembuahannya gagal.

Faktor fisiologis tanaman

Fisiologis tanaman dapat menyebabkan buah kopi rontok sebelum waktunya karena pengaruh iklim yang tidak sesuai, terutama pada tingkat kelembapan dan kekeringan yang terlalu ekstrem.

Saat intensitas hujan sedang tinggi, tingkat kelembapan menjadi tinggi sehingga laju fotosintesis tanaman menjadi berkurang dan pembentukan karbohidrat ikutan berkurang. Tingkat kelembapan yang tinggi juga menyebabkan terbentuknya lapisan abisis sehingga sel-selnya menjadi rusak menyerupai tepung sehingga mendorong terjadinya daun dan buah kopi rontok.

Sementara itu, pada masa kering yang cukup panjang juga mengakibatkan kerontokan buah dan sebagian daun kopi.

Gangguan hama dan penyakit

Penyebab buah kopi rontok yang terakhir adalah gangguan hama serta penyakit yang bisa saja muncul di perkebunan. Hama yang kerap menyerang pohon kopi di ladang adalah hama kutu putih atau kutu dompolan dan hama bubuk buah. Kedua hama tersebut dapat menyebabkan kerontokan buah kopi sebanyak 7—14 persen.

Baca Juga:  Penggunaan Keong Mas untuk Mengendalikan Hama Walang Sangit dan Kepik Hitam

Sementara itu, penyakit yang bisa menyebabkan buah kopi rontok adalah penyakit mati pucuk. Solusi untuk mengatasi hama dan penyakit ialah pemotongan bagian yang terserang.


loading...