Faktor-faktor Penyebab Penyakit Muncul di Kolam Budidaya Pembesaran Ikan

Pertanianku — Penyakit menjadi salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan budidaya. Budidaya pembesaran ikan yang dilakukan secara intensif umumnya lebih berisiko terkena penyakit. Hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat kepadatan yang digunakan, bahkan dapat dikatakan hampir mendekati batas maksimal daya dukung lahan. Selain itu, masih ada 4 faktor lainnya yang menyebabkan penyakit ikan muncul di kolam budidaya.

penyakit ikan
foto: Pertanianku

Perubahan kondisi lingkungan

Perubahan kondisi dari musim kemarau ke hujan menjadi waktu yang tepat bagi bibit penyakit untuk menyerang ikan yang berada di dalam kolam budidaya. Terlebih, pada ikan dengan daya tahan tubuhnya yang lemah sehingga lebih rentan terjangkit berbagai penyakit.  Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tindakan-tindakan preventif ketika kondisi lingkungan sudah mulai menunjukkan adanya perubahan, seperti dari musim hujan ke musim kemarau.

Kebersihan kolam dan peralatan

Tingkat kebersihan kolam dan peralatan yang digunakan untuk budidaya dapat memengaruhi perkembangan penyakit di dalam kolam budidaya. Kondisi kolam beserta peralatan yang kotor sangat disukai oleh bibit penyakit sehingga bibit penyakit tersebut sangat mudah menular dan tumbuh dengan subur di dalam kolam. Kebersihan kolam dan peralatan perlu dipantau dan dibersihkan secara rutin.

Kondisi kolam

Kolam harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum benih ikan ditebar ke dalam kolam agar ikan mudah beradaptasi. Kondisi kolam yang kurang baik dapat menyebabkan daya tahan tubuh ikan melemah.

Keadaan ikan

Terkadang, sistem pemeliharaan yang sekali pun sudah cukup bagus tetap bisa membuat ikan sakit apabila benih ikan yang digunakan kurang bagus. Benih yang akan digunakan harus dicek terlebih dahulu. Pastikan Anda membeli dari pembudidaya benih tepercaya yang menyediakan benih berkualitas.

Tindakan pencegahan penyakit pada ikan dapat dimulai dengan menggunakan benih yang tepat. Setelah itu, lakukan penebaran benih yang tepat agar benih tidak stres dan mudah beradaptasi.

Baca Juga:  Kabupaten Pasaman, Sentra Ikan Konsumsi Air Tawar di Sumatera

Kualitas pakan

Penyakit pada ikan juga berkaitan erat dengan kandungan gizi di dalam pakan. Pakan dengan kandungan gizi yang kurang dapat menyebabkan daya tubuh ikan melemah sehingga ikan lebih mudah terserang penyakit.