Faktor-faktor yang Bisa Menyebabkan Ikan Kerapu Sakit

Pertanianku— Ikan kerapu bisa terkena penyakit yang bukan disebabkan oleh penularan infeksi dari ikan lain, melainkan beberapa faktor yang terjadi di dalam kolam pembesaran ikan kerapu. Anda harus mewaspadai faktor tersebut untuk mencegah ikan kerapu sakit.

ikan kerapu sakit
foto: pertanianku

Ikan kerapu yang sudah sakit harus mendapatkan perawatan khusus hingga sembuh agar tidak mati. Tentu saja, hal tersebut akan menambah pekerjaan Anda selama masa pemeliharaan. Berikut ini beberapa faktor yang harus diperhatikan agar ikan kerapu tidak jatuh sakit.

Curah hujan

Loading...

Air hujan yang mengguyur kolam pemeliharaan dapat memengaruhi perubahan suhu serta salinitas kolam secara ekstrem. Curah hujan yang terlalu tinggi bisa menyebabkan air dalam kolam melimpah dan salinitas di dalam kolam menurun. Kondisi tersebut dapat menyebabkan ikan menjadi stres karena penurunan salinitas secara drastis.

Selain salinitas, suhu juga dapat berubah karena curah hujan yang terlalu tinggi. Perubahan suhu air di dalam kolam yang terlalu drastis dapat menyebabkan metabolisme tubuh ikan menurun dan ikan lebih mudah stres.

Kelimpahan plankton

Jumlah plankton yang terlalu banyak di dalam kolam disebabkan oleh jumlah organisme seperti diatom dan dinoflagellata melimpah. Pyrodinium bahamensis yang berasal dari golongan dinoflagellata dapat menghasilkan racun yang berwarna merah. Jumlah plankton yang berlebihan dapat menyebabkan ikan di dalam kolam kekurangan oksigen dan akhirnya menyebabkan ikan mati.

Untuk mengatasi kelebihan plankton, Anda bisa mempersempit kontak antara plankton dan ikan, yaitu dilakukan dengan cara memindahkan lokasi budidaya yang sudah terserang oleh plankton dalam jumlah banyak ke tempat yang lebih aman.

Kondisi pakan

Kondisi pakan yang diberikan dapat memengaruhi kondisi kesehatan ikan kerapu. Pada dasarnya pakan berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan kekebalan tubuh ikan dari berbagai macam penyakit. Namun, pakan yang diberikan harus tepat, baik waktu maupun porsinya. Jika pakan yang diberikan sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan ikan keracunan sehingga menyebabkan ikan sakit.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Agar Untung Berlipat

Pencemaran

Pencemaran disebabkan oleh kandungan limbah yang dihasilkan dari beberapa industri yang ada di sekitar tambak. Jumlah limbah yang terlalu tinggi dapat membahayakan ikan dan kesehatan manusia yang memakan ikan tersebut. Selain limbah industri, limbah rumah tangga sama berbahayanya karena bisa mengganggu kesuburan serta proses reproduksi ikan.

Loading...
Loading...