Faktor-Faktor yang Harus di Perhatikan dalam Renovasi Walet

Pertanianku – Kegiatan renovasi rumah harus memperhatikan kondisi, keamanan, dan kenyamanan walet. Waktu renovasi sebaiknya dilakukan mulai pukul 09.00 saat walet sudah keluar mencari pakan dan dihentikan pada sore hari sebelum walet kembali, yaitu pukul 15.00. Saat yang tepat untuk renovasi rumah yaitu musim kemarau. Lama renovasi pada rumah walet yang telah berproduksi sebaiknya jangan melebihi 1 minggu agar tidak mengganggu perkembangan populasi burung. Sesudah perbaikannya, sebaiknya rumah tersebut didiamkan selama 2—3 bulan agar walet dapat beradaptasi dengan kondisi yang baru.

Faktor-Faktor yang Harus di Perhatikan dalam Renovasi WaletFaktor-Faktor yang Harus di Perhatikan dalam Renovasi Walet

Renovasi rumah harus dilakukan dengan hati-hati. Apabila telah rusak maka dinding direnovasi dengan cara menambahkan dinding baru di luar rumah. Kegiatan pencampuran semen dan pasir dilakukan di luar rumah. Pembongkaran dinding yang lama harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Renovasi pada atap yang tidak berhubungan dengan plafon bisa dilakukandengan segera karena tidak berhubungan langsung dengan walet. Namun, renovasi pada atap yang berhubungan dengan plafon harus dilakukan dengan hati-hati.

Loading...

Pengerjaan membongkar dan mengganti atap dengan yang baru pun diupayakan hanya dalam jangka sehari untuk. Bila perlu, di atas plafon ditutup dahulu dengan karpet hitam agar sinar tidak masuk. Apabila pergantian plafon tidak selesai selama satu hari maka lubang pada plafon harus ditutupi dengan papan lama, walaupun hanya diletakkan saja tanpa dipaku.

Untuk penggantian lagur, sebaiknya dimulai dari bagian yang tidak memiliki sarang. Jika semua lagur sudah memiliki sarang maka penggantiannya harus dilakukan secara bertahap. Lagur yang memiliki sarang baru dengan jumlah telur hanya satu perlu dibiarkan dahulu sampai jumlah telur menjadi dua buah. Penggantian lagur hanya dilakukan pada sarang yang kosong atau sarang yang telah berisi dua telur dengan terlebih dahulu memanen seluruh sarang tersebut.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare

Apabila di dalam sarang terdapat piyik,penggantian lagur pun dilakukan setelahpiyik bisa terbang. Lagur yang baru dipasang diberi sarang  imitasi dengan posisi sama dengan sarang yang telah dipanen pada lagur yang telah diganti. Agar walet merasa nyaman dan tidak panik, sebaiknya sarang dan lagur baru disemprot dengan parfum walet atau menggunakan SWO2 dan dijemur terlebih dahulu.

Renovasi pada rumah walet yang hanya terdiri dari satu ruangan (loss) perlu menggunakan tirai kain untuk menyekat antarbagian yang direnovasi dan bagian yang tidak sehingga tidak mengganggu semua penghuni rumah walet. Bila renovasi telah selesai, tirai tersebut dapat digeser ke arah yang akan diperbaiki. Dengan demikian, renovasi dapat dilakukan secara bertahap.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

 

Loading...
Loading...